Jumat, 26 April 2024 07:48 WIB

Daerah

Raih 2 Top Digital Awards 2020, Walikota Samarinda : Semua untuk Kemudahan dan Kenyamanan Masyarakat

Redaktur:
| 2.460 views

Pemkot Samarinda saat terima penghargaan Top Digital Awards 2020./HO Pemkot Samarinda.

Samarinda, Afiliasi.net - Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil meraih prestasi Top Digital Awards 2020 yang diterima oleh Walikota Samarinda Syaharie Jaang dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda Aji Syarif Hidayatullah.

Walikota meraih kategori Top Digital Implementation dan Kepala Diskominfo mendapat kategori Top Chief Information Officer (CIO) Digital Implementation. Penghargaan dari Majalah IT Works ini diserahkan di Jakarta pekan tadi.

Naik ke panggung untuk mengambil penghargaan itu oleh Asisten III Setda Samarinda Ali Fitri Noor mewakili Walikota Samarinda.

Kota Samarinda dinilai memiliki komitmen dalam inovasi pengembangan dan pengelolaan program smart city dengan pemanfaatan teknologi informasi secara efektif, efisien dan konsisten, sehingga mendapatkan penghargaan itu.

“Program dan pembangunan yang sudah kita laksanakan itu memang harus benar-benar untuk kemudahan dan kenyamanan masyarakat, sehingga tidak akan sia-sia," ungkap Walikota Samarinda melalui rilis akun resmi Pemkot Samarinda.

Seperti halnya di bidang Smart City banyak inovasi yang dilakukan dan dimanfaatkan. Command Centre, dan ditambah tim Samarinda Siaga 112, serta inovasi lainnya. "Kaitannya dengan penghargaan ini, suatu yang pantas kita mendapat apresiasi ini," sambungnya.

Kepala Diskominfo Samarinda, Aji Syarif menambahkan bahwa sudah tiga tahun program Smart City ada di Kota Samarinda.

Pengembangan itu dilakukan dengan mengacu kepada masterplan Samarinda Smart City yang disusun tahun 2017 yang juga diperkuat dengan blue print Samarinda Smart City 2018.

Inovasi aplikasi telah banyak manfaatnya dirasakan oleh masyarakat Kota Tepian, terlebih berkaitan dengan pelayanan dari Pemerintah.

Tidak hanya itu, bahkan beberapa aplikasi yang dikembangkan telah menarik perhatian daerah lain untuk dijadikan rujukan studi bagi pengembangan konsep Smart City.

Aplikasi tersebut, yakni e-Kelurahan, e-Warga, Surat Elektronik, Antrian Online Android dan beberapa lainnya.

“Inovasi dan penyempurnaan terus kita lakukan. Di Kota Samarinda ini sudah banyak aplikasi yang dikembangkan, baik aplikasi sifatnya administrasi pemerintahan, layanan publik maupun aplikasi yang sifatnya informasi masyarakat,” jelasnya. (Tim Redaksi Afiliasi.Net)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #ali-fitri-noor #syaharie-jaang 

Berita Terkait

IKLAN