Jumat, 19 April 2024 09:13 WIB

Daerah

Polresta Samarinda Siapkan Hal Ini di Malam Tahun Baru

Redaktur:
| 2.366 views

Rapat Koordinasi yang dilakukan secara daring, Selasa (29/12/2020).

Samarinda, Afiliasi.net - Polresta Samarinda telah menyiapkan pola pengamanan pada malam pergantian tahun di beberapa titik di Kota Samarinda. Hal ini disampaikan Kabag Ops Kompol Andi Suyadi pada rapat koordinasi yang dilakukan Pemkot Samarinda pada Selasa (29/12/2020) di rumah jabatan Walikota Samarinda.

Ia menjelaskan bahwa pada tanggal 31 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 para pelaku usaha berkomitmen untuk menghentikan sementara kegiatannya.

“Kita harus berpegang teguh komitmen mereka. Ada tenggang waktu, sesuai dengan surat edaran, tidak ada yang mengumpulkan atau kegiatan ada kerumunan massa,” ujarnya.

Selain itu, ia menjelaskan bahwa maklumat Kapolri akan menjadi patokan Forkopimda tingkat kota dalam pelarangan kegiatan atau akitivitas masyarakat pada malam tahun baru. 

Diketahui, kesiapan personil dari Polri sendiri mulai dari Natal hingga malam tahun baru berupa melaksanakan operasi lilin Mahakam 2020. Operasi lilin ini dilaksanakan mulai dari 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

“Terdapat 10 pos pengamanan, 7 pengamanan, 1 pelayanan, dan 2 pos terpadu,” ujarnya.

Selain menurutnkan personil dari Polresta Samarinda sendiri, Andi mengaku bahwa telah berkoordinasi kepada instansi-instansi terkait dan menyiapkan sejumlah personil untuk pengamanan malam tahun baru dengan rincian TNI 30 personil, Dishub 60 personil, PMI 10 personil, Satpol PP 60 personil, Adpel 10 personil, Orari 10 personil, Senkom 16 personil serta SAR 30 personil.

Selain itu, mengantisipasi adanya balapan liar yang bisa saja terjadi karena pembatasan kegiatan pun dilakukan Polresta Samarinda. Menurut Andi, anak-ana remaja yang sangat berpotensi melakukan balap liar tersebut.

“Kita akan melakukan patroli, membina klub motor, mengimbau orangtua, dan berkoordinasi dengan pengadilan tentang denda tilang,” urainya.

Sementara itu, Walikota Samarinda Syaharie Jaang melalui surat edarannya terus mengimbau masyarakat Samarinda untuk tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan di malam pergantian tahun.

“Saya akan meminta camat dan lurah di Samarinda untuk mengingatkan masyarakat mengenai edaran walikota dan maklumat Kapolri lewat RT. Karena RT kan langsung dengan masyarakat,” ujar Jaang.


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #syaharie-jaang #malam-tahun-baru 

Berita Terkait

IKLAN