Kamis, 09 Mei 2024 10:14 WIB

Daerah

Habib Ja'far Al-Kaff Meninggal Dunia Di Samarinda, Rangkuman Mulai Dari Rumah Sakit Hingga Pengantaran Ke Bandara

Redaktur:
| 2.355 views

Suasana Pengantaran jenazah Habib Ja'far Al-kaff saat di bandara APT Pranoto, Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Sabtu (2/1/2021)./(HO Jemaah)

Samarinda, Afiliasi.net - Habib Ja'far Al-Kaff, seorang ulama yang cukup mashur dikenal oleh masyarakat Indonesia, meningggal dunia di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), pada Jumat (1/1/2021).

Perihal kabar duka tersebut dibenarkan oleh Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdathul Ulama (PWNU) Kaltim Syaparudin.

Ia mengungkapkan bahwa Habib Ja'far Al-kaff meninggal sekira pukul 16.30 Wita di Salah satu Hotel Bintang 5 di Kota Samarinda.

Setelah itu, lalu dilakukan proses penjemputan oleh tim kesehatan Rumah Sakit TK. IV Samarinda, yang terletak di jalan Jendral Sudirman No.52, Bugis, Kecamatan Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Usai dari RS TK IV Samarinda, dibawalah ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) Samarinda untuk proses pemandian dan di salatkan secara terbatas.

"Beliau meninggal dunia sore tadi sekitar jam 4.30 sore, dan sekarang sedang proses pemandian di rumah sakit umum dan di shalatkan terbatas," ungkapnya saat dihubungi Jumat (1/1/2021), pukul 22.00 wita.

Sementara itu, menurut keterangan dari pihak Rumah Sakit TK. IV Samarinda, yang diwakili oleh dr Eka Budi Prasetya Kanit Rikes Rumkit TK. IV Samarinda.

Dirinya mebenarkan bahwa telah meninggalnya Habib Ja'far Al-Kaff, namun disebutnya bahwa meninggalnya bukan sewaktu berada di Rumah Sakit TK IV Samarinda.

Pihaknya mendapatkan laporan sekira pukul 18.00 Wita bahwa ada yang sakit dan perlu dilakukan proses evakuasi, di salah satu Hotel bintang 5 di Samarinda.

Kendati demikian, pihaknya pun langsung meluncurkan tim kesehatan ke sana, sewaktu tiba di lokasi, maka diceklah dan tidak ada respon.

"Dan secara legalitas harus ada buktinya meninggalnya kapan, kemudian dibawa RS Tentara untuk memastikan kematian. Jadi sudah meninggal saat dibawa ke RS Tentara," ujarnya saat diwawancarai, Jumat (1/1/2021) sekira Pukul 23.00 Wita.

Adapun untuk pemerikasaan sementara, disebutkan dr Eka, berdasarkan informasi yang diberikan oleh pihak yang membawa, bahwa Habib mempunyai riwayat penyakit jantung.

"Tetapi kami belum bisa pastikan, karena kami harus melakukan pemeriksaan yang lebih detail lagi," ujarnya.

Didapat informasi oleh awak media, bahwa jenazah almarhum sewaktu dini hari, sempat ingin dibawa ke salah satu Ponpes di Samarinda, guna dilakukan takziah dan doa bersama.

Namun hal tersebut batal dilakukan, karena jemaah yang berdatangan ramai, sehingga diurungkan untuk dibawa ke Ponpes tersebut, dan jenazah almarhum pun tetap berada di RSUD AWS Samarinda.

Hari ini, pada sekira pukul 09.00 wita lewat, Rabu (2/1/2021), beredar video pengantaran almarhum sewaktu berada Bandara APT. Pranoto Samarinda, untuk diterbangkan ke Semarang.

Dalam video itu, salawat dan doa pun, dikumandangkan kepada ulama asal Kudus, Jawa Tengah tersebut, yang peti jenazah almarhum diangkat oleh para TNI. (Tim Redaksi Afiliasi.net).


TOPIK BERITA TERKAIT: #habib-jafar #habib-jafar-meninggal-dunia 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler