Kamis, 09 Mei 2024 11:02 WIB

Daerah

E-Tilang Pertama di Kaltim Akan Dioperasikan di Balikpapan pada 2021

Redaktur: M. Yusuf
| 2.422 views

Peninjauan lokasi CCTV E-tilang

Balikpapan, Afiliasi.net - Korps Lalu Lintas Polri menganggarkan pembangunan CCTV monitoring dengan E-Tle atau e-tilang pada tahun 2021. Dan Balikpapan akan menjadi kota pertama di Kalimantan Timur yang akan menerapkan teknologi e-tilang ini.

E-tle sendiri merupakan teknologi yang menggunakan kamera untuk memantau pelanggar-pelanggar lalu lintas melalui tangkapan gambar dan akan membantu kinerja kepolisian.

Korps Lalu Lintas Polri AKBP Dwi Santoso menuturkan Balikpapan diprioritaskan mendapatkan cctv ini karena tingkat pelanggaran lalu lintasnya sendiri.

“Kebetulan Polresta Balikpapan ini menjadi prioritas untuk wilayah Kalimantan Timur karena memang lihat dari kerawanan-kerawanan yang ada,” pungkasnya, Senin (11/1/2021).

Nantinya, wilayah lain di Kaltim pun direncanakan akan mendapatkan cctv e-tle ini untuk membantu kinerja kepolisian daerah setempat.

“Karena anggaran juga pastinya tidak bisa langsung sekaligus ya kan semuanya ada tahapannya,” katanya.

Cara kerja cctv e-tilang ini nantinya kamera akan menangkap gambar terkait pelanggar lalu lintas melalui kamera yang telah terpasang.

Setelah itu, gambar tersebut secara otomatis akan diberikan kepada petugas yang sedang piket sehingga petugas piket mengetahui nomor polisi, jenis pelanggaran, waktu pelanggaran dan lokasi pelanggaran.

“Secara otomatis mengcapture kemudian masuk di piket sehingga piket sudah mengetahui nomor polisi sekian, melanggar tanggal sekian, jam sekian, di ruas jalan ini. Seperti itu nanti baru akan diberikan surat untuk melakukan pembayaran tilangnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Balikpapan, Kompol Irawan Setyono menjelaskan bahwa Balikpapan mendapatkan 6 unit e-tle dan 10 unit monitoring.

“Kita mendapatkan 6 E-tle dan 10 untuk monitoring. 10 unit monitoring akan kita kombinasikan dengan yang lama di beberapa titik seperti di Kebun Sayur dan Pintu Tol Manggar. Jadi beberapa akses keluar masuk Balikpapan bisa kita monitoring dengan CCTV ini,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pembangunan cctv e-tilang ini ditargetkan beroperasi pada tahun 2021.

“Masih dalam progress, Insya Allah 6 bulan ke depan bisa penyelesaian. Lebih cepat karena akan dioperasionalkan pada 2021 ini,” ucapnya saat ditemui awak media di Polresta Balikpapan.


TOPIK BERITA TERKAIT: #e-tilang #tilang-elektronik-di-balikpapan 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler