Kamis, 09 Mei 2024 08:22 WIB

Daerah

Tuntut UKT Gratis, Puluhan Mahasiswa Unmul Gelar Aksi di Depan Rektorat

Redaktur: M. Yusuf
| 2.262 views

Aliansi Mahasiswa Unmul saat menggelar aksi di Depan Gedung Rektorat Unmul, tuntut UKT gratis, Selasa (12/1/2021).

Samarinda, Afiliasi.net - Puluhan Mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Unmul gelar aksi didepan Gedung Rektorat Unmul, Selasa (12/1/2021) siang.

Dalam rangka menutut digratiskannya Uang Kuliah Tunggal (UKT), di masa pandemi Covid-19 atau Virus Corona yang kini masih melanda Bumi Etam sebutan Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kami ingin agar ini digratiskan, untuk apa dibayarkan kalau pengunaannya juga tidak maksimal," ungkap Presiden BEM FISIP Unmul, Iksan Nopardi yang kala itu diwawancarai awak media.

Ia melanjutkan, di balik pandemi Covid-19 Kaltim, tentunya juga sangat berdampak terhadap sektor ekonomi. Sehingga katanya Iksan dengan adanya pungutan UKT dinilai tidak tepat dalam situasi sekarang ini.

Orang tua Mahasiswa pun tentunya diberatkan, ditambah angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Kaltim terhitung tinggi.

"Secara nasional itu ada 3 Juta pekerja yang di PHK, belum lagi di Kaltim, itu mempersulit kondisi orang tua mahasiswa untuk membayar biaya wajib pendidikan anaknya," sambungnya.

Ia juga menyinggung adanya pungutan Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) yang dilakukan oleh beberapa Fakultas.

Seharusnya, katanya dalam masa pandemi Covid-19 ini, Unmul menghentikan dahulu proyek pembangunan, dan fokus memikirkan nasib Mahasiswanya.

Tidak hanya itu, seharunya katanya Iksan, Unmul harus membuka atau memiliki transparansi anggaran. Agar publik bisa menilai tepat tidaknya pengunaan anggaran yang selama ini dilakukan kampus studi tropis tersebut.

"Kita dalam situasi gawat sekarang, Covid-19 ga ngelihat siapa yang kaya atau miskin, semua terdampak secara menyuluruh dan Unmul harus peka soal itu," pungkasnya.

Editor : M. Yusuf


TOPIK BERITA TERKAIT: #aliansi-mahasiswa-unmul #ukt-gratis #rektor-unmul 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler