Sabtu, 20 April 2024 12:54 WIB

Daerah

Tangani Sampah di Samarinda, Pemkot Samarinda Libatkan Peran Aktif Para Ketua RT

Redaktur: M. Yusuf
| 2.376 views

Rusmadi, Wakil Wali Kota Samarinda saat diwawancara awak media, Rabu (10/3/2021)

Samarinda, Afiliasi.net - Guna mensinergikan program 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, Pemerintah Kota Samarinda dipimpin Wakil Wali Kota, Rusmadi mengadakan audensi dengan Forum Rukun Tetangga ( RT ) Se-Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Sungai Pinang,audensi dilaksanakan diruang kerja Wakil Walikota Lt.3 Balaikota Samarinda,Rabu ( 10/3/2021).

Disampaikan Rusmadi, sejak awal Andi Harun-Rusmadi sudah memberikan perhatian terhadap posisi RT, karena menurutnya RT adalah salah satu posisi startegis. Artinya tanpa RT bisa dipastikan tugas-tugas dalam melaksanakan Pemerintahan dan pembangunan tidak dapat terlaksana dengan maksimal. Misalnya masalah sampah.

“Apapun yang dilakukan pemerintah, menyiapkan tempat pembuangan sampah, armada cukup, hari ke
hari sampah pasti akan meningkat dari hal itu sampah jangan di jadikan musuh tapi dijadikan sahabat agar dapat dijadikan potensi ekonomi, itu terkait masalah sampah. RT adalah ujung tombak penyelesaian masalah,” kata Rusmadi.

lanjut Rusmadi, tanpa ada RT tidak mungkin terlaksana dengan baik. Karena masalah banjir terkait dengan aliran air,
konsultan dari manapun tidak mungkin dapat menyelesaikan masalah banjir ini, karena masalah banjir tentang jalannya aliran air, yang tau aliran air pasti masyarakat dan RT.

Dalam waktu dekat Pemerintah Samarinda akan merelokasi tempat pembuangan sampah di jalan-jalan utama di kota Samarinda agar tidak masuk ke badan jalan.

“Kuncinya Samarinda menjadi kota bersih dari sampah adalah masyarakat harus tertib, apapun yang
dilakukan oleh pemerintah tanpa ada peran serta masyarakat dan RT, masalah sampah tidak akan selesai. Dalam peraturan perundang-undangan RT adalah mitra pemerintah dalam hal pembangunan, oleh karena pentingnya posisi strategis RT ini, maka Pemerintah Kota Samarinda membuat program pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya. (advertorial)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #wawali-samarinda #diskominfo-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN