Kamis, 09 Mei 2024 12:32 WIB

Daerah

Launching Program Jeng Rinda, Pemkot Samarinda Ajak Pegawai Pemkot Donasi Minyak Jelantah

Redaktur: M. Yusuf
| 2.444 views

Foto bersama Wakil Wali Kota Samarinda bersama para OPD terkait usai peresmian program Jeng Rinda, Kamis (25/3/2021)

Samarinda, Afiliasi.net - Melalui gerakan Jeng Rinda atau Jelantah Membangun Samarinda, Pemkot Samarinda ajak masyarakat donasikan minyak bekas limbah rumah tangga.

Gerakan Jeng Rinda ini ialah gerakan donasi minyak jelantah guna mendaur ulang limbah tersebut. 

Donasi ini diperuntukkan kepada seluruh OPD. PNS di lingkungan Pemkot Samarinda bisa berdonasi melalui limbah minyak jelantah yang diserahkan ke Badan Lingkungan Hidup (BLH).

Menurut penjelasan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Samarinda, Nurrahmani, gerakan Jeng Rinda adalah program DLH pada tahun 2020.

“Sebelumnya kita sudah menerbitkan surat edaran kepada dunia usaha agar menyumbangkan 10 persen jelantah,” ungkap Nurrahmani usai peresmian gerakan Jeng Rinda di Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda, Kamis (25/3/2021).

Program ini kembali digalakkan bersamaan dengan program 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda saat ini.

“semoga OPD bisa konsisten mengumpulkan limbah minyak ini karena tujuan utama adalah menjaga lingkungan tetap bersih. Sebab, potensi jelantah dibuang ke drainase sangat besar dan itu bisa merusak lingkungan,” harap Nurrahmani.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi menyatakan gerakan tersebut akan memberikan efek yang luar biasa bagi kehidupan.

“Bahkan jika limbah minyak jelantah ini bisa dikumpulkan dan ditangani dengan baik maka akan menjadi barang yang bernilai ekonomis dan bisa menambahkan pendapatan bagi masyarakat,” kata Rusmadi.

Ia menerangkan, dampak limbah jelantah yang tidak tertangani ialah bahaya dalam rusaknya air bersih di Kota Samarinda. Tak hanya itu, penggunaan minyak yang berulang kali akan berbahaya bagi kesehatan.

Donasi minyak jelantah oleh OPD akan dihargai oleh pengepul PT Garuda Sinar Perkasa. Dana tersebut digunakan untuk peningkatan pembangunan yang berwawasan lingkungan.

“Harapan saya semoga kedepan kita punya unit pengelolaan limbah minyak jelantah ini agar bisa mendaur ulang menjadi bio diesel,” tandasnya. (Advertorial)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #diskominfo-samarinda #jeng-rinda 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler