Rabu, 24 April 2024 02:39 WIB

Daerah

Tunggu Kepastian Kemendagri, 539 Jemaah Haji Samarinda Siap Diberangkatkan Tahun Ini

Redaktur: M. Yusuf
| 2.310 views

Rusmadi, Wakil Wali Kota Samarinda saat diwawancara awak media, Jumat (26/3/2021)

Samarinda, Afiliasi.net - 536 jemaah haji dari Samarinda dikabarkan tinggal menunggu waktu berangkat menunaikan rukun Islam kelima.

"Posisi siap 539 jemaah haji tinggal menunggu kepastian Saudi Arabia," beber Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi pada hari ini di Kantor Kemenag Kota Samarinda Jumat (26/3/2021).

Jelang keberangkatan jamaah haji wajib melakukan vaksinasi Covid-19. Seperti yang dilaksanakan pada hari ini di Kantor Kemenag Kota Samarinda.

Dikatakan Rusmadi, total jemaah haji yang divaksin hari ini sebanyak 142 orang. Dimana pelaksanaan vaksinasi telah berjalan sejak dua pekan sebelumnya. Dirinya bersyukur atas terlaksananya kegiatan vaksinasi ini.

"Kami bersyukur karena ini hari jumat berkah ini. Mudah-mudahan besok sudah selesai," ungkapnya 

Pelaksanaan vaksinasi bagi jemaah haji, disebut Rusmadi juga langsung di monitoring oleh perwakilan Kementrian Kesehatan. Hal ini sebagai peran pemerintah secara tuntas mempersiapkan keberangkatan jemaah haji.

Pemberangkatan jemaah tinggal menunggu kepastian negara Saudi Arabia, mengingat pandemi Covid-19 sehingga kuota jemaah haji terbatas.

"Dan ini hari Jum'at juga, mudah-mudahan pemerintah Saudi Arabia membuka untuk warga kita berhaji. Agar jemaah juga bisa mendoakan kota Samarinda lebih baik," ungkap Rusmadi.

Plt Kemenag Samarinda, Mochlis Ihsan membeberkan bahwa pemberangkatan jemaah haji sesuai dengan pendaftaran yang telah dilakukan sebelumnya. 

"Kita yang dahulukan yang tahun lalu. Sesuai pendaftaran, kasihan kalau yang baru didahulukan, kita ikuti mekanisme," ungkapnya Mochlis.

Bagi jemaah haji yang mendaftar tahun 2021, disebut Mochlis kemungkinan akan kebagian tahun depan. Meski, diantaranya adalah para lansia. 

Sementara itu, terkait kepastian pemerintah Arab Saudi Mochlis mengegaskan dirinya belum mendapar memastikan.

"Mudah-mudahan kuotanya tidak berubah, tidak ada pengurangan," pungkasnya. (Advertorial)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #diskominfo-samarinda #jamaah-haji-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN