Kamis, 25 April 2024 08:07 WIB

Daerah

Andi Harun Pastikan Penyebab Banjir Dibeberapa Titik Karena Penyumbatan Drainase

Redaktur: M. Yusuf
| 2.414 views

Andi Harun, Wali Kota Samarinda saat tinjau salah satu titik langganan banjir, Selasa (27/4/2021).

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun temukan beberapa masalah utama penyebab banjir di Samarinda.

Berdasarkan hasil tinjauan lapangan, terjadi penyumbatan saluran air atau drainase di tiga titik lokasi tinjauan, simpang empat fly over Juanda, simpang empat Sempaja dan simpang empat DI Panjaitan.

Ditemukan penyempitan saluran irigasi dari AW. Syahrani ke Arah Jalan Juanda. 

"Untuk penanganan permasalahan ini Pemkot Samarinda akan membesarkan saluran drainase yang ke arah Juanda tembus ke jalan Antasari," beber Andi Harun.

Tinjauan wali kota didampingi, Asisten III, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Bappeda, Kepala Dinas PERKIM, Camat Samarinda Ulu, Camat Samarinda Utara dan Lurah.

Sementara di simpang empat Sempaja masih ditemukan beberapa pipa yang menghambat lajunya air, masih banyak banyak penumpukkan sampah.

"Pembangunan drainase yang tidak sesuai dengan rencana pembangunan," kata Andi Harun.

Terkait penyebab banjir di simpang tiga DI Panjaitan, sebut AH sapaan karib Wali Kota sudah ada beberapa titik temu, salah satunya adalah pelebaran sungai mati yang dapat mengalirkan debit air lebih cepat menuju sungai besar. 

"Selanjutnya kami akan meluaskan lagi setelah permasalahan pembayaran lahan milik masyarakat selesai," tuturnya.

Dari beberapa kali tinjauan lapangan Pemkot Samarinda memprediksi anggaran yang dikeluarkan untuk satu titik banjir di simpang empat Sempaja menelan anggaran Rp 800 juta - Rp 1 miliar.

"Sedangkan untuk kelanjutan proyek drainase di simpang tiga DI Panjaitan anggaran yang diperlukan sekitar Rp 2 miliar dan akan dilelang setelah lebaran," pungkas Andi Harun. (Advertorial)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #diskominfo-samarinda #banjir-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN