Minggu, 05 Mei 2024 07:30 WIB

Daerah

Seleksi Direksi Perusda Kaltim, Makmur Akan Tutup Perusda yang Terima Hibah Namun Kinerja Kurang Optimal

Redaktur: M. Yusuf
| 2.321 views

Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK

Samarinda, Afiliasi.net – Dalam waktu dekat, Gubernur Kaltim Isran Noor akan mengumumkan hasil akhir penilaian seleksi direksi Perusahaan Daerah (Perusda) Kaltim. Para calon yang telah mengikuti rangkaian seleksi pun tengah menanti.

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK pun meminta kepada tiap calon pimpinan agar bisa bekerja secara professional. Bahkan ia juga tak segan untuk meminta anggota DPRD Kaltim untuk membantu agar kinerja perusda dapat maksimal.

"Paling tidak orang di perusda ini sesuai dengan profesinya. Bukan hanya ditunjuk untuk menjaga begitu saja," ucap Makmur HAPK.

Di sisi lain, ia juga berharap direksi sebelumnya yang menunjukkan kinerja yang tidak maksimal tidak terpilih lagi pada seleksi kali ini. Ranah DPRD Kaltim pada seleksi ini hanya turut mengevaluasi.

"Harapan kita begitu evaluasinya, jadi yang terpilih bisa memberikan dan menyumbang manfaat bagi masyarakat Kaltim," harap Makmur.

Menurut Makmur, tiap calon direksi haruslah memiliki visi yang jelas serta harus mengikuti uji kompetensi, uji kelayakan, sportif dan menguasai bidang tertentu. Dengan begitu, Perusda yang akan dijalankan bisa membantu Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kaltim.

“Termasuk visi misi yang jelas. Terutama rekam jejaknya,” ucapnya.

Tak lupa, Makmur mengingatkan agar ketika penentuan direksi, seluruh pihak harus bersikap professional. Tidak boleh ada factor kedekatan emosional, terlebih sampai ada kepentingan politik.

"Kalau ada calon direksi dari partai politik apalagi titipan pimpinan partai itu seyogyanya tidak boleh. Pasti orientasinya akan lain," tegas Makmur.

Berkaca dari pengalamannya saat menjabat sebagai bupati Berau, Makmur tak segan angsung menutup perusahaan yang tiap tahunnya menerima hibah namun tidak menunjukan hasil kerja yang optimal.

"Harapannya, Perusda ini ada manfaatnya dan jangan membebani Pemprov dan APBD Kaltim." pungkas Makmur. (Advetorial)

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #dprd-kaltim #makmur-hapk #direksi-perusda-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN