Kamis, 18 April 2024 03:58 WIB

Advetorial

IPA Gunung Lingai Diresmikan, Andi Harun Harap Bisa Penuhi Kebutuhan Air Bersih Samarinda

Redaktur: M. Yusuf
| 2.428 views

Andi Harun saat meninjau IPA Gunung Lingai

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun meresmikan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Gunung Lingai 2 di Jalan Lempake Tepian, Kecamatan Sungai Pinang, Selasa (4/5/2021). Peresmian ini sekaligus menjawab kebutuhan air bersih di Kota Tepian.

Pada peresmian tersebut, nampak dihadiri Sekretaris Kota Samarinda Sugeng Chairuddin, Direktur Utama Perumdam Tita Kencana Kota Samarinda Nor Wahid Hasyim didampingi Direktur Teknik Ali Rachman AS.

Andi Harun menyebutkan, berfungsinya IPA Gunung Lingai 2 ini belum bisa menjawab seluruh kebutuhan air di Samarinda meski kapasitasnya sebanyak 50 liter per detik. Namun dengan berfungsinya IPA, dijelaskannya mampu mengurangi waktu berhentinya suplai air di beberapa wilayah.

"Saya mau jujur sebagai warga dengan berfungsinya IPA Gunung Lingai yang 50 liter per detik belum bisa menjawab semua masalah, baru sebagian, yang biasanya untuk warga DI pandjaitan, PM Noor daerah Gunung Lingai, bahkan sampai di Pampang biasanya bergilir 3-4 hari sekarang bisa tinggal 2 hari saja," ungkapnya.

Andi Harun memastikan bahwa permasalahan air bersih bisa segera teratasi jika IPA Sungai Kapih dapat diselesaikan pada tahun 2021.

"Dari bincang-bincang informal saya, manajemen perumdam memastikan kelar masalah IPA Sungai Kapih tahun ini," katanya.

"Dan tahun ini manajemen perumdam berkomitmen tahun ini Insha Allah selesai, dan mohon doanya saja," tambahnya.

Untuk itu, ia meminta warga Samarinda untuk bersabar menunggu perbaikan layanan air bersih sampai semua kebutuhan terpenuhi.

"Apa yang kita resmikan hari ini kita syukuri dulu, bisa membantu penyaluran air lebih optimal dari biasanya," tuturnya

Terkait fungsi pengawasan IPA, ia sepenuhnya menyerahkan kepada tim Perumdam dan pihak dewan pengawas internal Pemkot Samarinda.

"Ada Pak Abdullah, Pak Dayat yang mewakili wali kota untuk melakukan fungsi-fungsi pengawasan dan fungsi-fungsi monitoring di internal perumdam kita. Kecuali kalau beliau berdua angkat tangan baru wali kota yang turun," ujarnya.

Sementara itu mengenai teknis penyaluran air bersih dari IPA Gunung Lingai, Direktur Teknik Ali Rachman AS menjabarkan, kapasitas produksi IPA Gunung Lingai dengan kapasitas 50 liter per detik saat ini untuk pelayanan diseputaran Jalan D.I Panjaitan, Damanhuri, Mugirejo, jika memungkinkan distribusi air hingga ke Jalan PM Noor dan Jalan Sentosa.

"Kami berikan penyaluran air bersih secara bertahap. Yang biasa giliran per 3 hari mungkin nanti bisa per 2 hari bahkan kalau memungkinkan 24 jam," terangnya.

Untuk mencapai distribusi air 24 jam, Ali Rachman menegaskan akan dilakukan bertahap.

"Untuk menuju distribusi air 24 jam dilakukan bertahap. Air tidak bisa langsung mengalir. Karena pipa yang ada sudah berumur puluhan tahun. Kita tidak tau kondisi pipa di bawah tanah itu bagaimana, semoga tidak ada kendala," pungkasnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-samarinda #wali-kota-samarinda #andi-harun #ipa-gunung-lingai 

Berita Terkait

IKLAN