Jumat, 29 Maret 2024 04:56 WIB

Daerah

Siap-siap, Pasar Dayak Bakal Menjadi Ikon Baru Kota Tepian

Redaktur: M. Yusuf
| 1.616 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun (tengah).

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda Andi Harun pastikan pasar Dayak di Jalan PM Noor Samarinda akan dipindah. Lantaran masuk dalam rencana program pengendalian banjir.

Rencana ini pun sebut Andi Harun sudah disepakati oleh para pedagang pasar yang sebagian besar dari Desa Pampang.

"Hari ini hampir seharian saya di luar meninjau 2 kegiatan. 1 di pasar Dayak di sana ada kegiatan strategis yang kita rencanakan yaitu pengendalian banjir di sektor DI Panjaitan dan simpang 4 Sempaja," ungkapnya saat diwawancara awak media, Rabu (19/5/2021).

Pemkot Samarinda dipastikan Andi Harun sudah menyediakan lokasi baru untuk para pedagang. Biaya sewa kios atau lapak dijamin tidak akan memberatkan para pedagang.

Lokasi baru ini tidak hanya akan berfungsi selayaknya pasar konvensional. Melainkan juga akan dibalut nuansa lokalitas yang diharapkan mampu menjadi magnet untuk mendatangkan pengunjung.

"Saya juga sudah komunikasi dengan dinas terkait yakni PUPR sampai Dinas Pariwisata. Karena di dalamnya nanti konsep pasar tradisional bernuansa seni," katanya.

Mengenai realisasi, AH sapaan karib wali kota menargetkan program tersebut akan masuk dalam perencanaan anggaran APBD Perubahan tahun anggaran 2021.

"Insha Allah APBD Perubahan 2021 kita akan masukkan perencanaan. Kita akan ikuti peraturan tentang pengelolaan keuangan dan terakhir ada surat edaran dari KPK bahwa kegiatan sebelum dikerjakan secara fisik tahap perencanaan dulu perlu dilakukan," jelasnya.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu mengaku bersyukur komunikasi antar masyarakat dibantu oleh tokoh ada Dewan Adat Dayak Kaltim berjalan lancar dan baik.

"Tadi hadir Sekretaris (DADKT) dan pengurusnya untuk menjembatani komunikasi antar pedagang dan semua tadi happy bersedia pindah," pungkasnya. (ADV/Tim Redaksi Afiliasi)


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #pasar-dayak-samarinda #rencana-pengendalian-banjir-samarinda #diskominfo-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler