Kamis, 25 April 2024 04:35 WIB

Daerah

Sidak di Dermaga Harapan Baru, Andi Harun Bidik Potensi Pendapatan Daerah

Redaktur: M. Yusuf
| 1.496 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat melakukan sidak di Dermaga Harapan Baru. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun kembali melakukan inspeksi mendadak atau sidak. Kali ini, Andi Harun membidik pemanfaatan aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, yakni Dermaga Harapan Baru yang terletak di jalan Cipto Mangunkusumo, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir, pada Rabu 9 Juni 2021.

"Kami mendapat informasi bahwa ada potensi aset kita yang bisa lebih maksimal manfaatnya jika ini kita kembangkan," ucap Andi Harun. 

Kendati demikian, Andi Harun tak menampik jika kondisi dermaga yang terbuat dari kayu ulin itu kurang terawat, dengan banyaknya lubang dengan berdiameter mulai 10cm hingga 15cm. Padahal, dermaga ini disebut Andi Harun selalu menjadi tempat tambat tugboat dan tongkang batu bara.

"Dan benar waktu tadi saya ke lapangan ada kebetulan satu tugboat serta tongkang penuh dengan batu bara berasal dari salah satu perusahaan," bebernya.

Penasaran, mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu lalu bertanya kepada salah satu kapten kapal.

"Ternyata, sejak 7 juni hingga saat ini belum dapat berlayar karna perusahaan belum membayar serta ada overdraft dari KSOP," ungkap Andi Harun.

"Yang saya lihat, pertama tarifnya sangat murah, di pelabuhan manapun terutama swasta itu hitungannya bukan perhari tapi per matrik ton terhadap angkutan batu bara. Karena paling murah 2 US dollar," ungkapnya.

Terkait itu, Andi Harun sudah memerintahkan BPKAD dan Bappenda Samarinda untuk menyusun formulasi, agar potensi pendapatan daerah yang ada di Dermaga Harapan Baru ini bisa termanfaatkan dengan baik. Terutama dari sisi ekonomi, karena lokasi dermaga yang disebut Andi Harun, cukup strategis.

"Bisa juga menjadi tempat tambat bahan bahan komoditas lain yang bisa menjadi bagian dari bisnis perkembangan pelabuhan," pungkasnya.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #sidak-wali-kota #andi-harun #dermaga-harapan-baru #pad-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN