Sabtu, 20 April 2024 01:30 WIB

Daerah

Begini Strategi Andi Harun Mengurangi Ketergantungan Pasokan Pangan dari Luar Daerah

Redaktur: M. Yusuf
| 1.541 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat diwawancara awak media. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun ternyata menaruh perhatian lebih kepada para petani di Kota Tepian. Minimnya lahan pahlawan ketahanan pangan adalah sebab utama tingginya pasokan pangan impor asal luar daerah. 

Akan hal tersebut, Andi Harun sudah memantapkan langkah strategis melalui RPJMD Tahun Angaran 2021-2026. Terlebih, Perda Ketahanan Pangan sudah diketuk palu oleh DPRD Samarinda pada Jumat 11 Juni 2021 siang. 

"Dengan adanya Perda ini, kita akan melakukan pendekatan dengan perusahaan, agar tanah negara yang bisa kita manfaatkan itu mampu menambah luasan lahan untuk ketahanan pangan di Samarinda" ungkap Andi Harun, menanggapi banyaknya lahan yang hingga kini masih dikelola oleh swasta.

Di tangan Andi Harun, Pemkot Samarinda dipastikan akan lebih mengedepankan pemberdayaan sumber daya manusia, dan berupaya melengkapi para petani dengan teknologi pertanian yang terbaru.

"Sehingga hasilnya pun bisa bernilai tambah pada upaya kita dalam meningkatkan produksi pangan," beber Andi Harun. 

Orang nomor satu di Balaikota Samarinda itu merinci, ketergantungan pangan Samarinda asal luar daerah, hingga saat ini sudah diangka 83%. Upaya bertahap, dianggap Andi Harun lebih rasional dibanding janji semata.

"Kita juga bisa bersinergi dengan daerah lain yang berbatasan langsung dengan Samarinda, seperti Kukar yang juga memiliki potensi lahan pertanian yang sangat besar sehingga kerja sama antar daerah khususnya di sektor pertanian patut untuk di pertimbangkan" tutur Andi Harun.

"Karena ini bukan hanya untuk kepentingan masyarakat Samarinda, tapi ini juga untuk kebutuhan produksi pangan Kaltim. Saya akan berusaha untuk bertemu dengan para kepala daerah di wilayah yang berbatasan langsung dengan kita (Samarinda)," tambah Andi Harun, mempertegas pernyataaannya.

Agar rencana induk pengembangan produksi pangan di Samarinda berjalan lancar. Andi Harun juga meminta agar Gubernur Kaltim, Isran Noor turut campur tangan. Sinergitas antar pemerintah di daerah dipastikan Andi Harun mampu memecah persoalan pangan yang dianggap tak sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk.

"Oleh karena itu kebutuhan akan terus meningkat. Pemasokan pangan dalam daerah juga harus kita produksi dengan baik mulai dari sekarang," pungkasnya. (Advetorial)

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #ketahanan-pangan #andi-harun #dprd-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN