Jumat, 19 April 2024 09:53 WIB

Daerah

Investor Korea Selatan Jatuh Hati dengan Samarinda, Pengembangan Kota Non-APBD di Depan Mata

Redaktur: M. Yusuf
| 1.533 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun bersama Head of Indonesia Office dari KEITI, Dr Kim Soon Goo. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda Andi Harun melakukan pertemuan dengan delegasi perusahaan Korea Environmental Industry and Technology Institute (KEITI) pada Selasa 15 Juni 2021. 

Andi Harun mengatakan perusahaan Korea Selatan tersebut telah melakukan peninjauan lapangan dan sedang mengumpulkan data pendukung.

"Hari ini ada konsolidasi dimana beberapa data dan keterangan akan mereka kumpulkan serta kita beri keterangan," ucapnya.

Andi Harun menyebut, data yang dimaksud adalah pihak Korea Selatan harus mengetahui kemampuan dana APBD Kota Samarinda, tarif air bersih, hingga site plan sistem pipa air.

"Karena mereka orientasinya adalah bisnis, mereka harus tahu pemerintah butuh dana investasi berapa. Teknis dan keuangan menentukan nilai dan bentuk investasi dia nanti," beber Andi Harun.

Menurutnya, selama konsolidasi pihak Korea Selatan terkesan serius ingin berinvestasi di bidang air bersih. Untuk itu, kata Andi Harun dirinya akan menginstruksikan OPD terkait untuk segera merespon rencana tersebut.

"Tidak banyak daerah yang mendapatkan manfaat ini. Tidak akan ada lagi APBD yang kita pakai," ungkapnya.

Saat ditanya mengenai nilai investasi dan titik lokasi, Mantan wakil ketua DPRD Kaltim itu masih belum bisa membocorkan hal tersebut karena masih dalam tahap awal pembahasan.

Head of Indonesia Office dari KEITI, Dr Kim Soon Goo menjelaskan alasan mereka ingin berinvestasi di Kota Samarinda.

"Kami ingin mendukung perkembangan dalam bidang struktur lingkungan di Kota Samarinda" tuturnya.

Selain itu, pihak KEITI akan melakukan dukungan di sektor perawatan air, perawatan limbah, dan perawatan limbah air sendiri. Kim Soon Goo juga senang dengan Kota Samarinda. Karena ia merasa warga di Kota Samarinda sangatlah ramah dan bersahabat.

"Saya bertemu dengan Walikota Samarinda dan temannya, mereka sangat ramah. Saya sudah bertemu banyak pejabat, tetapi dia sangat kuat dan sangat pintar," katanya.

Dengan adanya kerjasama ini pihak perusahaan KEITI berharap Kota Samarinda akan menjadi kota ramah lingkungan di masa memdatang. (Advetorial)

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #dr-kim-soon-goo #korea-environmental-industry-and-technology-institute 

Berita Terkait

IKLAN