Jumat, 19 April 2024 07:23 WIB

Daerah

Markaca Optimis, Andi Harun Mampu Tanggulangi Banjir Samarinda

Redaktur: M. Yusuf
| 1.600 views

Anggota DPRD Samarinda, Markaca. (Ist)

Samarinda, Afiliasi.net - Rencana mega proyek yang telah digaungkan Wali Kota Samarinda Andi Harun, ternyata mendapat respon positif dari mitra kerja pemerintah di DPRD Samarinda.

Anggota Komisi III DPRD Samarinda, Markaca menyebut, rencana Andi Harun mengatasi macet dan penanggulangan banjir, terowongan dan pintu air adalah sebuah terobosan yang tepat untuk menyelesaikan masalah di Kota Tepian - sebutan Samarinda.

"Itu langkah luar biasa. Teknologi makin maju dan pak Andi Harun visioner dan inovatif. Ini hal di luar pemikiran kita," ungkap Markaca saat ditemui awak media, setelah menghadiri rapat Paripurna, Rabu 16 Juni 2021.

Markaca melanjutkan, pintu air yang digagas Andi Harun itu nantinya berada di muara Sungai Karang Mumus (SKM). Dengan demikian, pengendalian pasang surut air Mahakam yang biasa menjadi penyebab luapan air di SKM, berdampak langsung terhadap upaya pengendalian banjir.

"Kalau pintu air itu berhasil dibangun maka akan ada fungsi kontrol air yang masuk ke Karang Mumus. Tentu hal ini dapat menahan luapan air sungai saat banjir dan air pasang," ujarnya.

Terkait anggaran, Politkus Gerindra yakin terhadap kepemimpinan yang dijalankan Andi Harun. Bahkan, rencana pembiayaan Multi Years Contract (MYC) yang dicanangkan dapat menekan belanja APBD Kota Samarinda yang cenderung kecil.

"Kalau masalah anggaran saya optimis dengan jaringan hingga ke pemerintah, pak Wali Kota pasti tidak hanya menggunakan APBD. Itu salah satu kemampuan pemimpin Samarinda saat ini," pungkasnya. (*)

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #markaca #pintu-air-samarinda #dprd-samarinda #banjir-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN