Kamis, 28 Maret 2024 06:56 WIB

Daerah

Andi Harun Sebut Program Unggulan Disperkim Relevan dengan Kebutuhan Warga Samarinda

Redaktur: M. Yusuf
| 1.564 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (ist)

Samarinda, Afiliasi.net – Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kota Samarina, Dadang Airlangga menyebut jika pihaknya sudah menyiapkan tiga program unggulan yang bakal dijalankan di masa kepemimpinan Andi Harun, sebagai Wali Kota Samarinda. 

Tiga program unggulan ini, disebut Dadang telah dipresentasikan dihadapan Andi Harun, Kamis 17 Juni 2021 di Balaikota. Mulai dari program pengembangan perumahan, Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR dan pembangunan sarana prasarana umum di wilayah perkotaan. 

Diakui Dadang, pihaknya diberi kesempatan untuk segera melakukan penyelarasaaan program mewujudkan Samarinda Sebagai Kota Pusat Peradaban, sebagaimana visi yang dicanangkan oleh Andi Harun-Rusmadi.

"Kita diminta mempertajam usulan itu karena semua sudah selaras dengan visi misi dan 10 program wali kota," ucap Dadang, Kamis 17 Juni 2021.

Dadang memastikan, tiap program yang dicanangkan oleh Disperkim Samarinda, manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat. Walau demikian, Disperkim turut diminta menyiapkan opsi-opsi terkait sumber pendanaan. Kesanggupan APBD Samarinda, jadi hal yang harus diperhatikan. 

"Kita tidak juga berharap APBD Kota Samarinda, tapi bisa juga kepada bantuan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat," ungkapnya.

Tahun 2021 ini, Disperkim Samarinda lanjut dijelaskan Dadang akan fokus ke wilayah sekitaran Sungai Karang Mumus (SKM). Tepatnya, di kawasan Kelurahan Bandara hingga Sungai Mati. Targetnya, menunjang upaya pengendalian banjir di SKM. Agar, aliran air kembali normal dan langsung mengalir dari Sungai Mati di Jalan DI Pandjaitan, lalu masuk ke sistem drainase kota.

"Kita harus melibatkan partisipasi masyarakat langsung," imbau Dadang.

Terpisah, Wali Kota Samarinda Andi Harun mengatakan, Disperkim Kota Samarinda sudah sejak tiga pekan lalu meminta kepada dirinya untuk diterima memberikan paparan program-program unggulan tersebut. Khususnya pada persiapan anggaran APBD Perubahan 2021 dan APBD Murni 2022.

"Saya sudah menugaskan asiaten II Pemkot Samarinda untuk melakukan kajian dan pendalaman terhadap materi yang dipaparkan tadi," ucap Andi Harun kepada awak media, Kamis 17 Juni 2021.

Selain tiga program di atas, Andi Harun menjelaskan diantaranya juga termasuk program rancangan yang diusulkan kepada Kementerian Dalam Negeri. Menurutnya, usulan program yang dipaparkan Disperkim cukup relevan dan menyangkut permasalahan di Samarinda. Ia pun mengapresiasi tiga program tersebut.

"Termasuk seperti Penerangan Jalan Umum (PJU) dan area pemakaman di Samarinda yang sudah sesak. Sempat juga dibahas Perumahan Kopri di Sambutan. Meski terdapat masalah hukum, dapat dicarikan solusi," pungkasnya.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #banjir-samarinda #disperkim-samarinda #program-unggulan-andi-harun #samarinda-kota-pusat-peradaban #dadang-airlangga 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler