Selasa, 22 Oktober 2024 12:48 WIB

Daerah

Ini Syarat dan Biaya Mengadopsi Beruang Madu dari KWPLH Balikpapan

Redaktur: M. Yusuf
| 1.454 views

Beruang madu serta hewan lain yang dirawat di KWPLH Balikpapan (Rizna/Afiliasi.net)

Balikpapan, Afiliasi.net - Beberapa waktu lalu, salah satu beruang madu di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) diadopsi oleh salah satu industri perhotelan di Balikpapan. Ini tentu bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan beruang madu di sana. Lantas, apakah masyarakat umum atau wisatawan luar daerah bisa melakukan hal yang sama?

Supervisor Pendidikan Lingkungan Hidup, Mulyana menyebut bahwa wisatawan bisa melakukan hal serupa. Hanya saja diperlukan kesepakatan mampu membiayai beruang madu selama satu tahun. Sebab selama pandemi ini, KWPLH cukup kualahan membiayai beruang madu, terlebih jumlah kunjungan menurun hingga 71 persen. "Kebutuhan satu ekor beruang madu sekitar Rp 60 juta per tahunnya," ujarnya.

Namun perlu diketahui, mengadopsi beruang madu bukan berarti hewan tersebut bisa dibawa pulang ke rumah. Beruang madu tetap dirawat oleh KWPLH di wadah konservasinya.

Pengadopsi pun dibebaskan mau mengadopsi beruang madu yang mana. Saat ini terdapat 6 ekor beruang madu yang dirawat KWPLH dan baru dua ekor yang diadopsi oleh dua instansi berbeda.

Tidak hanya beruang madu, kucing dan anjing di KWPLH juga bisa diadopsi. Kedua hewan ini bisa dibawa pulang dengan beberapa persyaratan. Seperti harus menyukai hewan serta bersedia tidak pindah ke luar kota. Untuk anjing dan kucing, biaya adopsinya adalah sebesar Rp 300 ribu untuk mengganti biaya perawatan selama di KWPLH.

Namun jika ada wisatawan yang ingin berperan membantu kelangsungan beruang madu serta kucing dan anjing di KWPLH namun tidak memiliki biaya yang besar, wisatawan bisa membantu dengan membeli merchandise yang ditawarkan. Merchandise di sana berupa kaos, buku beruang, buku aktivitas, buku kucing, gelang anak, masker dan lainnya.

"Baju anak Rp 80 ribu, kaos dewasa Rp 110. Tergantung desain dan ukuran. Kalau mau beli souvenir bisa langsung ke KWPLH. Kalau melalui WhatsApp sebenarnya bisa namun sekarang agak sulit karena tempat pengiriman jauh dari lokasi kita," jelasnya.

Atau wisatawan juga bisa memberikan donasi dengan cara berkunjung ke KWPLH sekaligus melihat beruang madu dan hewan lainnua di sana.

Penulis: Rizna


TOPIK BERITA TERKAIT: #kwplh-balikpapan #beruang-madu 

Berita Terkait

IKLAN