Kamis, 25 April 2024 04:45 WIB

Daerah

Terima Instruksi dari Andi Harun, Dinas Perkim Samarinda Siapkan Lahan Baru Makam Covid-19

Redaktur: Fera
| 1.489 views

Kepala Dinas Perkim Samarinda, Dadang Airlangga .(ist)

Samarinda, Afiliasi.net - Angka kasus pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Samarinda terus bertambah setiap harinya. Per Minggu 11 Juli 2021 ini saja, tercatat, 672 pasien yang telah dimakamkan. 

Terkait itu, Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Samarinda (Perkim) mulai menyiapkan ancang-ancang pembukaan lahan baru di pemakaman Raudhatul Jannah Serayu khusus Covid-19.

Kepala Dinas Perkim Samarinda, Dadang Airlangga mengatakan, bahwa dirinya sudah menerima instruksi oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun saat Rapat Penanggulangan Covid-19 pada Senin 12 Juli 2021.  

"Kami wajib menyiapkan lahan pemakaman termasuk kru pemakamannya untuk antisipasi peningkatan kasus Covid-19 yang akhir - akhir ini meningkat," ucap Dadang. 

Dikatakan Dadang, lahan pemakaman khusus Covid-19 yang tersedia saat ini hanya mampu menampung sekitar 300 makam. Sedangkan, lahan baru yang direncankan diprediksi dapat menampung 1000 makam, dimana  itu termasuk dalam makam nasrani dan muslim. 

"Kami akan dibantu oleh Provinsi Kaltim melalui bantuan keuangan sebesar Rp 4.1 Miliar untuk pematangan lahan, turap, drainase," ungkapnya.

Terkait dana yang akan digunakan Dinas Perkim melalui APBD Kota Samarinda yakni sebesar Rp 900 juta untuk rekayasa lapangan makam nasrani dan perluasan makam muslim. Saat ini, proyek tersebut akan masuk proses lelang untuk bantuan keuangannya di tahap III. 

Dinas Perkim Samarinda mengaku akan tetap bekerja secara optimal bergandengan dengan BPBD dan tim pemulasaran jenazah. Pihaknya selalu berjaga selama 24 jam agar jenazah Covid-19 dapat segera dimakamkan. 

Walaupun lahan baru akan segera disiapkan, Dadang tetap berharap angka kematian Covid-19 Samarinda akan melandai.

"Agar kita bisa kembali normal bekerjanya," pungkasnya. (*)

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #kepala-dinas-perkim-samarinda #dadang-airlangga #makam-covid-19 #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN