Rabu, 24 April 2024 05:12 WIB

Daerah

Pemkot Samarinda Sinergi dengan TNI-Polri Akhiri Pandemi

Redaktur: Fera
| 1.529 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto. (ist)

Samarinda, Afiliasi.net - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman beserta Kapolda Kaltim berkunjung ke Balai Kota Samarinda, Selasa 13 Juli 2021.

Dalam kunjungan tersebut membahas terkait upaya perencanaan penanggulangan Covid-19 dengan Wali Kota Samarinda Andi Harun. 

Mayor Jendral TNI, Heri Wiranto mengatakan, untuk memberantas penyebaran Covid-19, maka seluruh unsur pejabat Mapolda dan Kodam sudah semestinya melakukan road show guna mendorong dan membantu seluruh pemerintah daerah maupun provinsi 

"Karena dalam situasi Covid-19 yang semakin meningkat khususnya di wilayah Kaltim hingga saya Kapolda merasa bersama-sama ingin mengupayakan agar bagaimana caranya virus ini bisa segera diatasi," ucapnya.

Pangdam VI/Mulawarman mengungkapkan, langkah yang akan dilakukan yakni harus bersatu padu dengan seluruh unsur yang ada untuk mengatasi permasalah yang sudah berjalan selama hampir dua tahun.

"Kita harus mencari bagaimana caranya untuk berupaya agar menurunkan angka positif di Kaltim," ungkapnya.

Pemerintah dearah maupun provinsi harus melaksanakan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Seluruh elemen untuk mengambil langkah penanganan ini dengan cepat.

Seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), khususnya untuk wilayah yang cukup rawan harus dilakukan secara darurat khusus dan seterusnya menggusur PPKM mikro diperketat.

"Ini betul-betul dijalankan dengan baik, kemudian kita juga melaksanakan disiplin protokol kesehatan tadi juga saya tegaskan, termasuk juga kita mendorong menggalakkan program vaksinasi nasional, ini harus segera dijalankan, sekarang sudah berlangsung setiap hari sesuai dengan kemampuan vaksin yang ada," bebernya.

Terpisah, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak menuturkan, bahwa keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi yang dilakukan sekarang untuk menjamin keselamatan, jadi pertemuan bersama Andi Harun kali ini untuk memberikan dukungan dan semangat. 

"Bahwa semua kita lakukan bersama-sama, kalau kita lakukan sendiri pasti tidak akan bisa berjalan dengan baik," paparnya.

Terkait hal tersebut, Wali Kota Samarinda, Andi Harun meyakinkan bahwa Pemerinta Kota (Pemkot) Samarinda hingga saat ini masih mampu mengendalikan Covid-19, bahkan telah menyampaikan perencanaan antisipasi keadaan tak terduga.

"Hal tersebut dilakukan karena Samarinda adalah Ibu Kota provinsi, jumlah terbesar dari 10 kabupaten kota, dengan luas yang cukup rentan kendalinya, oleh karena itu harus bisa kami petakkan dan kendalikan dalam hubungan dengan pengendalian kasus positif," tegasnya.

"Ini semua demi kepentingan dan keselamatan masyarakat," pungkasnya. (Advetorial)

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #sinergi-menaklukkan-pandemi #pemkot-samarinda #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN