Sabtu, 20 April 2024 01:45 WIB

Daerah

Akses Masuk TPA Sambutan Rusak Berat, Andi Harun Siap Ambil Sikap

Redaktur: M. Yusuf
| 1.523 views

Rombongan Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat meninjau kerusakan jalan akses masuk TPA Sambutan. (ist)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda Andi Harun langsung mengambil sikap setelah menerima laporan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda terkait dugaan hauling batu bara yang menyebabkan rusaknya jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sambutan. 

"Saya sudah minta pada kepala BPKAD untuk melakukan rapat bersama dinas terkait menyangkut aset ini," tegas Andi Harun, usai melakukan tinjauan di lapangan, Selasa 13 Juli 2021 siang.

Orang nomor wahid di Samarinda itu mengaku geram saat melihat jalan rusak penuh lumpur menuju TPA Sambutan.

Padahal, lanjut Andi Harun, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda sudah membebaskan tersebut. Untuk itu, saat rapat yang digelar Rabu besok, Pemkot Samarinda akan menginventarisir kembali lahan yang sudah menjadi aset Pemkot Samarinda, khususnya yang berada di sekitar TPA Sambutan.

"Apabila telah selesai kegiatan overlay aset dengan keadaan di lapangan, pihak Pemkot akan mengambil langkah teknis," ungkap Andi Harun. 

Konsolidasi overlay data ini dijelaskan Andi Harun, agar posisi pemerintah kuat untuk mengambil langkah selanjutnya yang diartikan bahwa aset tersebut milik pemkot Samarinda.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu memastikan akan menindak pihak mana saja yang dianggap menganggu tujuan Pemkot Samarinda. 

"Guna menghindari kerusakan infrastruktur, menghindari kerugian negara, agar TPA sebagai daya dukung upaya kita membangun Samarinda bersih dipastikan tetap berjalan," tegasnya. 

Sebelumnya, Kepala DLH Samarinda, Nurrahmani meminta agar persoalan ini segera ditangani langsung oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun.

"Saya konfirmasi sama kepala TPA, pertambangan itu enggak masuk wilayah TPA. Tapi ketika dia jalan ke TPA ini, saya keberatan," ungkapnya.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #tpa-sambutan #andi-harun #jalan-rusak-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN