Kamis, 25 April 2024 11:55 WIB

Daerah

Andi Harun Disebut Menolak PPKM Darurat, Begini Faktanya

Redaktur: Fera
| 1.436 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat menggelar konferensi pers.

Samarinda, Afiliasi.net – Wali Kota Samarinda, Andi Harun meluruskan pemberitaan di salah satu portal berita lokal yang menyebut jika dirinya menolak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Samarinda.

"Saya menyatakan berita tersebut salah, dan pada batas tertentu bisa disebut berita bohong atau hoaks," kata Andi Harun saat konferensi pers yang digelar di Anjungan Karamumus Balai Kota, Jumat 16 Juli 2021. 

Andi Harun menilai, berita yang ditulis oleh wartawan M Sakir yang kemudian viral di jagat maya tersebut secara abstraktif menuding Pemkot Samarinda menolak PPKM Darurat. Padahal, lanjut Andi Harun, wartawan diharap memperhatikan kaidah jurnalistik saat menulis berita.

"Pemkot Samarinda tak pernah menyatakan menolak PPKM Darurat. Yang benar adalah supaya jangan sampai Kota Samarinda masuk kategori PPKM Darurat. Makanya, segala bentuk pencegahan dan penanganan kami optimalkan," tegas Andi Harun. 

Lanjut dikatakan Andi Harun, dirinya justru meminta Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mendoakan agar Samarinda yang notabene adalah Ibu Kota Kaltim ini, terbebas dari PPKM Mikro dan terhindar dari PPKM Darurat.

"Yang benar kami memohon doa agar secepatnya (Samarinda,Red) terhindar dari PPKM Mikro dan darurat. Makanya, segala bentuk pencegahan dan penanganan kami optimalkan," beber Andi Harun. 

M Sakir yang turut hadir saat konferensi pers pun menyampaikan permohonan maaf secara langsung ke Andi Harun.

"Mungkin yang disampaikan pak wali secara persepsi salah. Sebab itu saya meminta maaf. Mudah-mudahan ini bisa menjadi hikmah untuk kita semua." tutur Sakir.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #samarinda #andi-harun #disinformasi-covid-19 

Berita Terkait

IKLAN