Rabu, 24 April 2024 07:24 WIB

Daerah

Optimalisasi Aset Daerah, Andi Harun: Waktunya Mengubah Paradigma

Redaktur: Fera
| 757 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda Andi Harun beberkan strategi pengelolaan aset yang dimiliki oleh pemerintah kota (Pemkot).

Orang nomor Wahid di Ibu Kota Kaltim itu menyebut, Pemkot Samarinda tengah menyiapkan platform khusus terkait manajemen pengelolaan aset daerah. Yang di dalamnya akan berisi informasi dan data terkait mana saja aset daerah yang telah disertifikasi dan tidak, maupun yang tengah dalam penggunaan atau penguasaan pihak ketiga.

Disampaikan Andi Harun, dirinya juga sudah menyampaikan instruksi kepada BPKAD Samarinda untuk mengamankan aset milik pemkot yang belum mengantongi administrasi lengkap.

Semua itu, lanjut Andi Harun, dilakukan untuk optimalisasi pemanfaatan aset dalam mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kota Tepian yang diproyeksi mencapai ratusan miliar. 

"Yang paling penting saat ini adalah mengubah paradigma pengelolaan aset Pemkot Samarinda yang bersifat asset administrator, menjadi asset manager," beber Andi Harun, Selasa 27 Juli 2021.

Ke depan, Andi Harun ingin Pemkot Samarinda tak hanya menjalankan prinsip tertib administrasi, tertib fisik dan hukum.

"Kita juga harus mengedepankan prinsip highest and best use, revenue center, dan cost efficiency," tandasnya. (*)

Sebagai informasi, pasca dilantik sebagai wali kota, Andi Harun berhasil mengamankan sejumlah aset milik pemkot. Mulai dari aset tanah eks lokalisasi Bayur, gedung dan lahan plaza 21, lapak Citra niaga dan juga gedung kantor DPD Golkar Kaltim serta lahan di Mahakam Lampion Garden (MLG) dan Marimar.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #aset-pemkot-samarinda #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN