Jumat, 29 Maret 2024 12:41 WIB

Advetorial

Kelanjutan PPKM Level 4 di Samarinda Belum Pasti, Andi Harun: Kalau diberi kewenangan, saya bebaskan seperti keadaan normal

Redaktur: Fera
| 848 views

Wali Kota Samarinda Andi harun saat di temui awak media di balaikota. (Vicky/afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di Samarinda resmi berakhir, Wali Kota Samarinda Andi Harun mengharapkan agar Samarinda tak lagi masuk dalam kategori daerah yang harus menerapkan PPKM Level 4.

Andi Harun mengaku sungguh merasa prihatin dengan ekonomi masyarakat yang turut terdampak selama penerapan PPKM. Terutama para pedagang kaki lima dan pemilik usaha UMKM.

"Kami hanya bisa berharap semoga hari ini adalah hari terakhir, dan kami memberi kelonggaran kepada masyarakat," ungkap Andi Harun saat di temui di Balaikota, Senin 9 Agustus 2021.

Ia mengatakan, pelonggaran aktivitas di masyarakat setelah PPKM, tentu sangat membantu para pelaku usaha, serta agar warga samarinda lebih bisa beradaptasi di masa pandemi yang berangsur-angsur ini.

"Jadi orang bisa berjualan sambil pakai masker dan jaga jarak," ungkapnya.

Pelonggaran aktivitas yang dimaksud Andi Harun yakni supaya akses pendidikan, ekonomi, dapat berjalan dengan beradaptasi dalam masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan 5M.

"Memakai masker, cuci tangan, jaga jarak. Bukan berarti pelonggaran itu normal seperti sebelum Covid-19. Ada petunjuk New normal agar masyarakat dapat beraktivitas dengan berpegang teguh pada protokol kesehatan," pungkasnya.

Hasil update infografis Covid-19 di Samarinda yang di terbitkan oleh Dinas Kesehatan Samarinda per tanggal 8 Agustus 2021, menyebutkan bahwa jumlah kasus terkonfirmasi bertambah 63 orang. Kemudian pasien dalam perawatan yang keluar sebanyak 92 orang. Jumlah pasien dinyatakan sembuh 88 orang. Dan meninggal dunia sebanyak 4 orang.

Dari data tersebut, Andi Harun menegaskan bahwa perpanjangan PPKM level 4 di Samarinda akan menunggu instruksi Kementerian Dalam Negeri dan arahan Presiden RI Joko Widido.

"Saya kalau dikasih kewenangan saya bebaskan seperti keadaan normal sebelum Covid-19. Cuma kan peraturannya dari pusat kan," pungkasnya.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #ppkm-di-samarinda #new-normal 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler