Jumat, 19 April 2024 10:34 WIB

Daerah

Kuliah Sambil Bantu Ekonomi Keluarga, Andi Harun: Saya tidak pernah rasakan nongkrong di warung kopi

Redaktur: Fera
| 791 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun (Humas Pemkot/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Sebelum menduduki kursi jabatan Wali Kota Samaridna, rupanya Andi Harun sudah banyak melalui asam garam kehidupan.

Dulu, pria yang akrab disapa AH pernah menjadi tukang bangunan semasa ia kuliah, hingga turut membantu mengurus sawah pertanian milik orang tuanya di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan kampung halamannya.

"Kalau hari biasa tidak terlalu padat tugas, saya ambil kerja setengah hari, kalau tidak ada kegiatan, full saya ambil. Ada tiga tahun kerja begitu, jadi tukang bangunan sambil kuliah. Jadi saya gak pernah merasakan mahasiswa itu nongkrong di warung kopi, sama sekali gak pernah," Ucap AH pada saat di sambangi di kantornya di Balaikota, Pada Selasa 17 Agustus 2021.

Ia juga mengungkapkan, karena terlahir dari keluarga yang sederhana, di sela-sela waktu libur kuliah,dirinya juga sering membantu ibunya untuk berjualan ke pasar.

"Kadang saya temani ibu saya juga jualan kalau hari libur. Jual semacam bawang tomat, hari Minggu subuh ibu saya sudah berangkat, jadi saya temani ikut ke pasar sampai jam 11 baru pulang," ungkapnya

"Terus kalau musim sawah saya kadang ikut ke sawah, ikut tanam padi kadang sesekali ikut bajak sawah," sambungnya

Hal itu dilakukannya, karna mengingat kedua orang tua yang telah membesarkannya sehingga ia merasa wajib untuk membalas budi.

Bahkan, Andi Harun menjelaskan bukan hanya sekedar membantu orang tua, tetapi hal itu ia lakukan sebagai bentuk motivasi untuk bisa jadi seperti sekarang.

"Karena ada motivasi saya buat berhasil, bantu orang tua itu utamanya. Itu aja dulu, kita gak mikir diri sendiri waktu itu intinya orangtua sudah biayain kita," paparnya.

Ia menyebutkan bahwa perjuangan seperti itu patut untuk dihadapi dengan kuat dan tangguh, karena semasa dulu dirinya sering dipesankan oleh kedua orang tuanya untuk selalu disiplin, terus belajar, dan tekun. Hingga akhirnya bisa menjadi seperti sekarang.

"Bapak saya dan ibu selalu memesankan harus disiplin belajar yang rajin dan tekun," imbuhnya.

AH juga berpesan untuk para generasi muda di jaman sekarang dan seterusnya untuk terus berusaha menggapai apa yang diinginkan dengan menjaga kedisiplinan, terus belajar, dan tekun seperti apa yang di ajarkan orang tuanya hingga ia bisa berhasil menjadi seorang Wali Kota Samarinda.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #wali-kota-samarinda #kisah-hidup-andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN