Rabu, 08 Mei 2024 06:24 WIB

Daerah

Penumpukan Sampah di Jalan Cendana Mulai Meresahkan, Warga Bisa Buang Sampah di Jam-jam Ini

Redaktur: Fera
| 569 views

Kondisi penumpukan sampah memakan badan jalan hingga menyebabkan kemacetan. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net – Penumpukan sampah di Jalan Cendana, RT 18, Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda membuat resah warga sekitar. Hal ini terjadi karena penutupan tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang tertuang dalam instruksi Wali Kota Samarinda terkait penutupan 17 TPS yang berada di pinggir jalan yang harus direlokasi.

Menanggapi penumpukan sampah yang terjadi di kawasan tersebut, beberapa warga setempat angkat bicara mengenai keresahan mereka karna bau busuk yang menyengat di kawasan itu. 

Ketua RT 18, Didin menjelaskan, sejak ditutupnya TPS di Jalan Cendana akhirnya beberapa warga banyak yang membuang sampah secara sembarangan. Hal ini berimbas kepada penumpukan sampah dengan volume besar.

"Apalagi yang punya usaha makanan berat dan ringan. Jadi kami lakukan pendekatan dan mengimbau untuk saling membantu, saling memperingatkan agar tidak membuang sampah di sana," ucap Didin saat di datangi awak media, Kamis 19 Agustus 2021.

"Juga kita akan melakukan rapat dengan Walikota untuk secara langsung membahas solusi yang terbaik untuk keadaan ini," Sambungnya.

Ia juga mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan rapat dengan Kecamatan, Kelurahan, dan beberapa tokoh masyarakat serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda untuk membicarakan permasalahan penumpukan sampah tersebut.

Ia menjelaskan, dari hasil rapat didapat kesepakatan DLH akan membantu beberapa unit truk sampah yang akan siap siaga di titik lokasi pembuangan tersebut. Jadi masyarakat dapat langsung membuang sampah ke truk tersebut dalam waktu yang telah ditentukan. Misalnya, pagi dari pukul 04.00-06.00 Wita, sore pukul 18.00-21.00 Wita.

"Lewat dari itu tidak boleh. Nantinya juga akan ada petugas yang piket untuk mengawasi," pungkasnya.

 

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #penumpukan-sampah #jalan-cendana 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler