Sabtu, 20 April 2024 01:48 WIB

Advetorial

Ramaikan HUT RI, Pria Ini Tempuh Balikpapan-Samarinda Pakai Egrang

Redaktur: Fera
| 805 views

Andi Harun dibantu Heru Prasetyo saat mencoba menggunakan egrang. (Jeri for Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) selalu dirayakan dengan cara-cara yang unik. Seperti halnya yang dilakukan oleh Heru Prasetyo, ia nekat berjalan menggunakan egrang bersama teman-temannya dari Balikpapan ke Samarinda.

Dilansir dari Presisi.co, perjalanan tersebut ditempuh Heru kurang lebih selama 7 hari sejak 17 Agustus 2021 lalu. Berangkat dari Pelabuhan Semayang, Heru tiba di Samarinda pada Senin, 23 Agustus 2021 sore tadi.

Kedatangan Heru disambut langsung oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun di Balai Kota. Tidak sendiri, Andi Harun didampingi oleh Asisten I Tejo Sutarnoto juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Samarinda, Erham Yusuf.

Andi Harun pun tak melewatkan kesempatan untuk mencoba alat permainan tradisional itu. Andi Harun mencoba menggunakan egrang setinggi 2,5 meter dengan pijakan kaki setinggi 80 cm. Namun, beberapa kali ia terjatuh karena sulit untuk mengatur keseimbangan. Meski begitu, Andi Harun nampak tak menyerah.

Di sela-sela kedatangan Heru dan kawan-kawannya, Andi Harun memberikan apresiasi kepada Heru dan kawan-kawan atas apa yang telah ia lakukan untuk meramaikan HUT RI ke-76.

"Ya, saya sangat mengapresiasi inisiatif atas perjuangan beliau atas perjalanan menggunakan engrang. Mengingatkan kita juga, permainan ini adalah permainan rakyat yang harusnya bisa dilestarikan," ungkap Andi Harun kepada awak media.

Bahkan, Andi harun telah meminta agar Dispora turut berperan melestarikan permainan ini dengan minimal memberikan ruang bagi para atlet agar dapat berkontestasi pada pagelaran olahraga nasional.

"Kalau nanti berkembang, salah satu kandidat pelatihnya sudah pasti pak Heru juga," cetus Andi Harun.

Sementara itu, Kadispora Samarinda Erham Yusuf mengatakan, egrang saat ini memang sudah mendapatkan perhatian. Khususnya dari Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Samarinda. Bahkan, permainan ini sudah beberapa kali mengikuti festival.

"Namun karena saat ini pandemi sehingga kegiatan olahraga juga dibatasi," ungkapnya.

Erham menyebut, pada bulan September mendatang akan digelar Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) yang di dalamnya akan melibatkan para pegiat egrang.

Sementara itu, Heru menyatakan, perjalanan dari Pelabuhan Semayang Balikpapan ke Samarinda sengaja dilakukan bertepatan dengan perayaan 17 Agustus 2021. Hal itu dilakukan semata-mata ingin memberikan warna baru terhadap riak-riak hari raya kemerdekaan.

Perjalanan pun dilalui Heru dengan beberapa kali istirahat. Mulai dari singgah di warung-warung kecil warga, hingga mampir di kantor kecamatan. Dibeberkanya, seluruh operasional dari Kota Minyak ke Kota Tepian menggunakan uang miliknya pribadi.

"Ada saja yang memberikan kue-kue saat singgah. Saya tidak bisa sebutkan berapa pengeluaran saya," ujarnya.

Heru merinci, kayu yang digunakannya merupakan kayu sungkai khas endemik Kalimantan. Kayu tersebut, kata Heru, bertekstur lebih lentur dari kayu kebanyakan. "Karakter kayunya agak lentur," ucapnya.

Terpisah, Ketua Bubuhan Batisan Kutai (BBK) Kaltim, Lamri mengatakan komunitasnya sudah berdiri sejak lima tahun belakangan, yakni pada 2016 lalu. Heru, disebutnya merupakan salah satu anggotanya dari total 40 total anggota yang ada saat ini.

Lamri mengatakan, pihaknya pun sudah mengikuti dua kali pekan olahraga nasional (Pornas). Pada tahun 2017, pihaknya mewakili Kaltim untuk bertandang di Banjarmasin. Dan tahun 2019 dilaksanakan di Samarinda.

"Itu kami juara mewakili Kaltim. Kemudian 2019 disini kami juara juga, waktu Pornas diadakan di Samarinda," imbuhnya.

"Semua atlet berasal dari Desa Kedang Ipil, Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar)," pungkasnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #permainan-tradisional #andi-harun #erham-yusuf #permainan-egrang #heru-prasetyo #perayaan-hut-ri-ke-76 

Berita Terkait

IKLAN