Sabtu, 20 April 2024 06:49 WIB

Daerah

Sambut Sekolah Tatap Muka, Pemkot Samarinda Gencarkan Vaksinasi Pelajar

Redaktur: Fera
| 838 views

Wali Kota Andi Harun (dua dari kiri) berfoto bersama salah satu siswi didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kepala Sekolah SMPN 1 Samarinda. (Achmad/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Vaksinasi terhadap pelajar di Samarinda terus digencarkan. Kali ini sebanyak 1.037 dosis vaksin didistribusikan bagi pelajar SMPN 1 Samarinda.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun hadir langsung meninjau kegiatan vaksinasi ini. Kehadirannya itu diharapkan bisa mendongkrak semangat para pelajar. Terlebih, wacana sekolah tatap muka akan dilaksanakan jika seluruh siswa dan guru telah mendapatkan suntikan vaksin.

“Tidak ada satupun bangsa ataupun negara bahkan pihak manapun yang mengetahui Covid-19 akan berakhir. Kita tidak bisa terus menerus mengandalikan pembatasan sebagai solusi, dan sekarang kegiatan belajar mengajar tatap muka hampir dua tahun tidak terlaksana. Apalagi orang tua di Samarinda sudah jenuh karena anak-anaknya sekolah daring,” ujar Andi Harun dalam sambutannya di Audiotorium SMPN 1 Samarinda, Jalan H Anang Hasyim, Kamis, 9 September 2021.

Pada kesempatan tersebut pula, orang nomor satu Kota Samarinda itu menyampaikan kabar gembira. Pemkot Samarinda akan segera membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dalam waktu dekat. Namun, ia meminta agar seluruh guru telah divaksin jika hendak melangsungkan PTM.

"Diperuntukkan bagi guru yang sudah vaksin saja yang boleh turun ke sekolah. Syarat lainnya, maksimum kelas 50 persen dan ada surat penyataan persetujuan orang tua. Kita ingin ada tanggung jawab bersama,” tegas Wali Kota.

Lebih lanjut, Andi Harun menyebut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tidak bisa menjadi solusi terbaik dalam menyikapi pandemi Covid-19.

"Makanya kami membuat kebijakan pembatasan masih dilakukan dengan pendekatan masyarakat,” ucapnya.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat agar bisa melakukan tiga hal terkait protokol kesehatan sebagai persiapan diri untuk berdampingan dengan Covid-19.

“Biasakanlah protokol kesehatan 3M. Kalau warga Samarinda terbiasa memakai masker, menjaga jarak dan tahu bahwa berkerumun dibatasi. Artinya warga Samarinda sudah siap. Minimal pakai masker,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan vaksinasi siswa hari ini dihadiri juga Kepala Dinas Pendidikan Asli Nuryadin, Kepala Dinas Kesehatan dr Ismid Kusasih, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hambali, serta Kepala SMPN 1 Mulyadi. (*)

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #sekolah-tatap-muka-di-samarinda #andi-harun #vaksinasi-pelajar 

Berita Terkait

IKLAN