Sabtu, 27 April 2024 12:00 WIB

Advetorial

TPS 3R akan Dibangun di Pasar Segiri, Andi Harun: Ini untuk pasar

Redaktur: Fera
| 867 views

Wali kota Samarinda Ando Harun (kiri) saat meninjau lokasi pembangunan TPS 3R. (Achmad/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Pemkot Samarinda telah memutuskan lokasi pembangunan Tempat Pengolahan Sampah - Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R). Lokasi TPS ini rencananya akan dibangung di kawasan Pasar Segiri Samarinda.

Wali kota Samarinda, Andi Harun bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Samarinda, Hero Mardanus pun melakukan peninjauan di lokasi pembangunan pada Senin, 13 September 2021.

Dari hasil tinjauan itu, TPS 3R akan dibangung menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK). Namun, lokasi TPS tersebut rupanya masih berdiri bangunan. Rencananya pemkot akan melakukan pembongkaran dalam satu bulan ke depan.

"Anggarannya sudah ada. Tinggal ada bangunan yang mau kita bicarakan, tapi itu lokasi Pemkot supaya bisa dikosongkan setelah itu akan dibangun TPS 3R," ungkapnya.

Program TPS 3R bertujuan untuk mengurangi kuantitas dan/atau memperbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) sampah dan berperan dalam menjamin semakin sedikitnya kebutuhan lahan untuk penyediaan TPA sampah di perkotaan.

TPS 3R ini juga ditegaskan Andi Harun dikhususkan untuk sampah di lingkungan Pasar Segiri.

"Ini untuk pasar. Jadi nanti ada pemisahan, ada dua TPS, satu TPS 3R satu lagi TPS umum," katanya.

Andi Harun menjelaskan, TPS 3R nanti akan mengumpulkan sampah-sampah hasil dari kegiatan pasar dengan karakteristik tertentu.

"Jadi nanti sudah bersih, dilakukan pemisahan dan lokasinya tidak jauh dari lokasi TPS pasar," pungkasnya. (*)

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #tps-3r-pasar-segiri #andi-harun #pasar-segiri-samarinda #hero-mardanus 

Berita Terkait

IKLAN