Sabtu, 27 April 2024 06:57 WIB

Daerah

Bisnis Pengolahan Sampah di Samarinda, Pemkot Berencana Gaet Perusahaan Asal Australia

Redaktur: Fera
| 767 views

Andi Harun, Wali Kota Samarinda saat diwawancara awak media.

Samarinda, Afiliasi.net - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda terus melakukan pembangunan dengan cara pengembangan investasi.

Sebelumnya, melalui Perumdam Tirta Kencana menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait pemenuhan air bersih dengan menggaet perusahan asal Korea Selatan.

Tidak hanya itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun juga menargetkan kerjasama pihak ketiga dalam hal bisnis pengolahan sampah dengan menggaet PT Geo Trash Management asal negeri Australia. Perusahaan tersebut saat ini telah berdiri di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Kita mungkin dalam waktu dekat akan tinjauan ke Lombok. Kita sudah MoU dengan PT Geo Trash Management untuk pengolahan sampah di Samarinda," ungkap Andi Harun usai menghadiri rapat paripurna di kantor DPRD Samarinda, Selasa 14 September 2021.

Andi Harun menjelaskan, sampah plastik akan diproduksi menjadi bahan bakar minyak dengan jenis solar dan kompos untuk sampah berjenis organik.

"Sampah plastik akan didekatkan dengan sampah teknologi untuk diubah menjadi solar," jelasnya.

Rencana tersebut, lanjut Andi Harun, selaras dengan program Tempat Pengolahan Sampah - Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R) yang tengah dipersiapkan Pemkot Samarinda.

"TPS 3R lebih banyak pada aspek lingkungannya. Tapi bisa bersinergi dengan industri pengolahan sampah kita," imbuhnya.

Melalui kerjasama investasi ini, Andi Harun yakin bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sekaligus mengurangi volume sampah di Samarinda.

"Sampah plastik akan diubah menjadi energi solar. Dan tentu sampah di Kota Samarinda akan terkena dampak yang signifikan dalam mengurangi volume sampah kita," pungkasnya. (*)

Penulis: Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #bisnis-pengolahan-sampah #pt-geo-trash-management 

Berita Terkait

IKLAN