Jumat, 17 Mei 2024 10:22 WIB

Daerah

Jelang Akhir Tahun 2021, Dirkamtib Ditjenpas Tinjau Kondisi Rutan Samarinda

Redaktur: M. Yusuf
| 700 views

Abdul Aris saat melakukan peninjauan di blok hunian warga binaan Rutan Samarinda. (istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Guna memastikan kondisi dan kesiapan Lapas dan Rutan menyambut akhir tahun 2021, Direktur Keamanan dan Ketertiban (Dirkamtib) Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham RI, Adul Aris turun langsung ke seluruh UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Timur.

Dalam hal ini, Rutan Kelas IIA Samarinda juga menjadi salah satu UPT yang di kunjungi langsung oleh Dirkamtib Dirjenpas Abdul Aris, pada Kamis 9 Desember 2021.

Selain memastikan kondisi kesiapan petugas jaga, Abdul Aris juga mengamati kondisi fasilitas umum serta kawasan blok hunian Rutan, di dampingi juga oleh Kepala Rutan Samarinda (Karutan) Alanta Imanuel Ketaren.

Abdul Aris bahkan sempat bertegur sapa dengan para warga binaan disela melakukan tinjauan kawasan blok hunian. Selain itu, blok khusus lansia juga menjadi salah satu pilihan Aris saat melakukan interaksi, sekaligus memastikan kesehatan para warga binaan yang tinggal di balik jeruji tersebut.

“Kesalahan dimasa lalu biarlah berlalu, sekarang waktunya untuk kembali ke jalan yang lebih baik. Perbanyak ibadah serta berbuat baik bagi sesama itu kunci baik buat kita.” Ucap Abdul Aris saat berkunjung ke blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) khusus lansia.

Karutan Samarinda Alanta Imanuel Ketaren juga sangat antusias mendampingi kunjungan yang di lakukan Dirkamtib tersebut. Bahkan ia mengingatkan pesan Dirkamtib kepada jajarannya untuk melaksanakan tugas sesuai SOP.

“Luar biasa bersyukur kami bisa di kunjungi oleh pak Abdul Aris selaku Dirkamtib, hal ini sangat membantu memicu tim kerja petugas rutan untuk berkerja maksimal, khususnya menjaga keamanan serta ketertiban kawasan hunian,’ pungkas Alanta.

Selain monitoring kegiatan, Dirkamtib juga memantau dan evaluasi jalannya diteksi dini keamanan dan ketertiban di kawasan Rutan.

“saya tekankan untuk selalu melakukan evaluasi dan monitorong berkala kegiatan rutan, khususnya diteksi dini keamanan. Karena lingkungan akan aman jika program yang di jalankan di ukur secara berkala.” Tegas Abdul Aris.   

Diketahui, sebelum berkunjung ke Rutan Samarinda, Abdul Aris juga menyempatkan diri berkunjung ke Lapas Samarinda, dan Lapas Narkotika Samarinda guna melakukan operasi kepatuhan internal di dalam Lapas.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #rutan-samarinda #ditjenpas-kemenkumham-ri #abdul-aris 

Berita Terkait

IKLAN