Sabtu, 20 April 2024 03:07 WIB

Advetorial

Ketika Wagub Kaltim Meminta Pemerintah Pusat Memperhatikan Pembangunan Daerah Sekitar IKN Nusantara

Redaktur: Bella
| 624 views

Swafoto Wagub Kaltim Hadi Mulyadi dan Presiden Joko Widodo (sumber: istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Menjelang kedatangan ibu kota baru, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi meminta pemerintah pusat turut memperhatikan di kawasan penyangga. Adapun kawasan yang dimaksud adalah kabupaten/kota yang terletak di sekitar IKN Nusantara. Perbedaan di antara keduanya jangan sampai seperti surga dan neraka.

Rabu, 19 Januari 2022, Politisi partai Gelora tersebut meminta agar pemerintah pusat turut memperhatikan kaltim. Menurutnya, pembangunan infrastruktur kabupaten/kota di sekitar IKN harus mendapat pembangunan juga.

Jika hal ini tidak dilakukan, ia menilai akan ada kesenjangan antara ibu kota baru dengan daerah sekitar IKN. Konektivitas antar keduanya kelak bisa menjadi contoh pemerataan ekonomi dan pembangunan di Indonesia bagian timur.

"Nggak boleh itu IKN nanti berdiri, tetapi nanti daerah Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara ketinggalan pembangunannya. Jadi seperti surga dan neraka," kata Hadi pada Rabu, 19 Januari 2022, dalam kunjungan Pansus IKN DPR RI. "Nah yang menjadi contoh pertama Kaltim dulu, harus dibangun secara merata dengan 10 daerah yang ada didalamnya," sambungnya.

Lebih lanjut ia juga berharap pemindahan ibu kota baru menjadi semangat pemerataan pembangunan dan ekonomi di luar Jawa maupun Sumatra segera terwujud. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kaltim #hadi-mulyadi 

Berita Terkait

IKLAN