Kamis, 02 Mei 2024 04:59 WIB

Daerah

Diduga Ada Sumber Api Yang Disengaja, Polisi Masih Selidiki Penyebab Terbakarnya Kapal Di Samarinda

Redaktur: M. Yusuf
| 933 views

Lokasi ruangan kapal Pantokrator yang terbakar. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Pihak kepolisian masih lakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran Kapal Motor Pantokrator di Pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, pada Rabu (26/1/2022) pagi.

Usai terjadinya kebakaran yang menghanguskan satu ruang VIP di lantai tiga Kapal tersebut, Unit Inafis Polresta Samarinda langsung menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) tahap awal serta membentangkan garis polisi.

"Tadi kami sudah melakukan olah TKP dan telah berkoordinasi dengan Puslabfor (Pusat Laboratorium Forensik) Mabes Polri untuk langkah selanjutnya," ucap Kasubnit Inafis Polrsta Samarinda, Aiptu Herry Cahyadi.

Dari hasil olah TKP tahap awal, Aipda Harry mengatakan bahwa api pertama kali menyambar di sebuah kamar penumpang VIP bernomor 302.

"Dugaannya dari salah satu kamar penumpang, dan penyelidikan awal bukan karena korsleting listrik, dugaan sementara ada sumber api yang disengaja," ungkapnya.

Saat disinggung lebih lanjut terkait dengan sumber api, Harry Cahyadi masih enggan berkomentar banyak lantaran masih dalam tahapan penyelidikan.

"Semua masih sebatas dugaan karena kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut," sebutnya.

Atas peristiwa tersebut, polisi sedikitnya memeriksa 10 orang saksi dan satu diantaranya merupakan anak buah kapal (ABK) yang pertama kali mengetahui api berkobar.

"Belum ada sampel (barang bukti) yang kami amankan. Karena masih melakukan koordinasi dengan Puslabfor," jelasnya.

Harry juga menguraikan bahwa nantinya tim Puslabfor Mabes Polri akan langsung datang ke Samarinda guna membantu penyelidikan penyebab terbakarnya KM Pantokrator.

"Selama waktu penyelidikan kapal dipastikan tidak beroperasi terlebih dulu, sampai (penyelidikan) selesai," imhuhnya.

Sementara itu, Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli KSOP Kelas II Samarinda, Kapten Slamet Isyadi menyebutkan bahwa selama proses penyelidian Korps Bhayangkar operasional KM Pantokrator ditiadakan untuk sementara waktu.

"Yang jelas untuk sementara keberangkatan kapal ditunda. Semua penumpang juga sudah dievakuasi. Kalau untuk keberangkatan penumpang (KM Pantokrator) saat ini juga masih kami bicarakan agar bisa dialihkan terlebih dulu," sebut Slamet Isyadi.

Selain itu, Slamet Isyadi juga memaparkan jika para penumpang KM Pantokrator saat ini seluruhnya telah dievakuasi dan tidak ada yang mengalami luka berat.

Meski begitu, Slamet Isyadi masih belum mengetahui pasti berapa jumlah penumpang KM Pantokrator pada hari ini.

"Kalau kapasitas kapal ini muat 1850 orang. Tapi kalau penumpang hari ini masih kami data untuk pastinya. Kalau dugaan (kebakaran) kami juga belum tahu pastinya ya, karena itu masih dalam penyelidikan polisi," pungkasnya.

Penulis: Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebakaran #pelabuhan-samarinda #inafis-polresta-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN