Minggu, 28 April 2024 05:55 WIB

Daerah

Suwarno Tegaskan Musorprov FORKAT Salahi AD/ART KONI

Redaktur: Rahmadani
| 1.125 views

Wakil I Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Suwarno. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - 'Dualisme' dalam proses pemilihan ketua KONI Kaltim periode 2022-2026 kembali bergulir. 

Teranyar, Wakil I Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Suwarno, memberikan pernyataan bahwa penetapan Zairin Zain secara aklamasi melalui Musorprov gelaran Forum Olahraga Kalimantan Timur (FORKAT) pada Selasa, 15 Februari 2022 lalu di kegubernuran Kaltim berada di luar mekanisme atau tidak sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KONI. 

Hal tersebut diungkapkan Suwarno dalam konferensi pers KONI Kaltim di Hotel Aston Samarinda pada Minggu, 20 Februari 2022 sore. 

"Yang bersangkutan (Zairin Zain) harus menyadari, jika pihaknya keluar dari jalur (AD/ART KONI)," kata Suwarno, saat konferensi pers. 

Suwarno yang didampingi oleh pengurus KONI Kaltim turut memastikan, sebelum atau saat pelaksanaan Musorprov gelaran FORKAT itu tidak pula melibatkan KONI Pusat sama sekali. Baik berupa undangan Musorprov atau pemberitahuan dini. 

"Tiba-tiba dapat kabar saja," ucapnya. 

Akan hal tersebut, Suwarno menegaskan KONI adalah organisasi yang memegang teguh jalannya organisasi sebagaimana yang diatur oleh AD/ART sebagai acuan gerak organisasi. 

"Jadi, tidak perlu dipertanyakan lagi legalitas (Musorprov FORKAT). Bisa dilihat sendiri melalui AD/ART," paparnya. 

Sementara itu, tak hanya terkait dengan polemik penetapan Zairin Zain sebagai ketua KONI Kaltim 2022-2026, kehadiran Suwarno di Kota Samarinda sekaligus menjawab wacana lahirnya pengurus KONI Kaltim tandingan yang pernah dilontarkan oleh Agus Hari Kesuma (AHK). 

"KONI Pusat tidak mengenal KONI tandingan. Jika ada, induknya di mana?" tanyanya. 

"Tiap pelantikan pengurus, selalu disampaikan janji. Satu di antaranya adalah mematuhi AD/ART. Diluar itu, bukan anggota KONI," sambung Suwarno menjelaskan. 

Dengan demikian, Suwarno berharap kisruh yang mewarnai pemilihan ketua umum KONI Kaltim dewasa ini segera berakhir. Menurutnya itu agar pembinaan atlet Kaltim ke depan tidak terganggu dan fokus mendongkrak prestasi olahraga Kaltim di Nasional. 

"Mari kita sukseskan Musoprov KONI Kaltim di tanggal 22 Februari ini. Saya doakan semoga bisa berjalan lancar," pungkansya. (*) 

Penulis : Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #koni-kaltim #koni-pusat #kota-samarinda #mayjen-tni-purn-suwarno 

Berita Terkait

IKLAN