Sabtu, 20 April 2024 11:08 WIB

Daerah

Andi Harun Bertemu Wapres RI, Bicara Soal Potensi Investasi ke Daerah dan Pelantikan Pengurus Aspeksindo

Redaktur: Rahmadani
| 682 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun. (Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Pelantikan Wali Kota Samarinda Andi Harun sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) bakal digelar saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta pada 24-25 Februari 2022 mendatang.

Pelantikan Apseksindo yang mengusung teman'Kolaborasi Memajukan Indonesia dari Pinggiran' dapat disaksikan melalui siaran langsung di channel YouTube Kawasan Aspeksindo.

Utopia dan Dik Doank akan menjadi beberapa dari pengisi acara di pelantikan Aspeksindo itu.

Direktur Eksekutif Aspeksindi Andi Fajar sebut dalam pelantikan juga akan merumuskan program yang dapat menarik investasi di daerah.

“Aspeksindo harus go international sehingga kami berharap pelantikan nanti dapat merumuskan sebuah program yang dapat menarik investasi di daerah kepulauan dan pesisir,” ujar Direktur Eksekutif Aspeksindo Andi Fajar Asti dalam siaran persnya dikutip dari situs Aspeksindo.

Menurut Andi, kita membutuhkan investasi untuk mendorong pembangunan di sektor maritim.

Hal ini akan menjadi fokus ASPEKSINDO pada rapat kerja nasional (Rakernas) mendatang.

Dalam Rakernas itu juga akan diundang negara-negara yang tergabung dalam Indian Ocean Rim Association (IORA) agar ada kemudahan akses investasi dan sharing pengalaman di sektor maritim.

“Dengan demikian kita bisa menjawab visi besar dalam Munas II ASPEKSINDO yaitu membangun Indonesia dari pinggiran,” ujar Andi.

Sebagai informasi, Wali Kota Samarinda Andi Harun terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) periode 2021- 2025 pada Munas II di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebelum dilantik, Wali Kota Andi Harun juga  telah bertemu dengan Wakil Presiden RI, Maruf Amin untuk membahas agenda pelantikan Aspeksindo yang rencananya akan digelar pada 24 - 25 Februari 2022.

Pada pertemuan tersebut Ma’aruf Amin menyampaikan kesiapannya menghadiri pelantikan dan memberikan apresiasi kepada Aspeksindo atas peran dan kontribusinya membangun masyarakat kepulauan dan pesisir.

Wapres berharap Aspeksindo yang beranggotakan pemerintah daerah berbasis kepulauan dan pesisir menjadi pilar dan motor penggerak pemerintah pusat untuk mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia.

Wapres juga menegaskan pentingnya memberikan kewenangan yang seluas-luasnya kepada pemerintah daerah untuk mengelola sumber daya laut untuk kesejahteraan masyarakat kepulauan dan pesisir.

Sementara itu, Andi Harun, Ketua Umum Aspeksindo menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Wapres atas kesediaanya membuka Munas ASPEKSINDO di Belitung secara virtual dan siap menghadiri secara langsung pelantikan dan rapat kerja nasional.

Dalam pertemuan tersebut Andi Harun berharap atensi pemerintah pusat untuk memberi kewenangan secara proposional kepada pemerintah daerah yang berbasis kepuluan dan pesisir dalam mengelola wilayah laut yang selama ini diserahkan kepada pemerintah provinsi.

Andi Harun menilai hilangnya kewenangan kabupaten/kota dalam mengelola sektor kelautan sangat menghambat sistem pengelolaan sumber daya laut di daerah, di mana birokrasi perizinan usaha di sektor kelautan yang begitu panjang yang sangat tidak efektif dan efisien.

“Secara georafis jarak antara masyarakat kepulauan dan pesisir yang akan melakukan usaha sektor kelautan sangat jauh dari ibu kota provinsi. Ini tentu sangat jauh dari nafas reformasi birokrasi,” katanya. (*)

Editor: Yusuf


TOPIK BERITA TERKAIT: #pelantikan-aspeksindo #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN