Sabtu, 27 April 2024 06:13 WIB

Advetorial

Kota Samarinda Terpilih Jadi Penyelenggara Rakornis Parekraf 2022, Andi Harun Promosikan Potensi Sungai Mahakam

Redaktur: Rahmadani
| 949 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi pariwisata dan ekonomi kreatif pada Senin, 14 Maret 2022 di Hotel Harris Samarinda. (Yudi for Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur menggelar rapat koordinasi pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf), diikuti seluruh Dispar tingkat kabupaten/kota di Kaltim pada Senin, 14 Maret 2022 di Hotel Harris Samarinda. 

Kegiatan tersebut bermuara pada peningkatan daya Parekraf di Kaltim, setelah kedua sektor tersebut terdampak cukup berat semasa pandemi Covid-19 melanda. 

Dari rakor tersebut, diketahui bahwa Kota Samarinda terpilih menjadi penyelenggara Rakornis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2022. 

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, dalam kesempatan sambutannya menyampaikan, Pemkot Samarinda mendukung penuh kegiatan Rakornis yang bertujuan untuk mendorong peningkatan sektor Parekraf di Kaltim. 

Menurutnya, sebagai salah satu penyangga ibu kota negara baru, Kota Samarinda sudah memiliki "nilai jual" akan peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kaltim, yakni berkenaan dengan letak strategis Sungai Mahakam. 

Ia menyebut, Pemkot Samarinda akan memanfaatkan momentum ini dengan menyiapkan sektor pariwisata yang berkonsep smart city dan smart tourism. 

"Kalimantan Timur memiliki kekayaan dan keindahan alam serta kultur yang beragam sebagai bahan baku ekonomi kreatif," ucap Andi Harun di hadapan seluruh peserta Rakornis. 

Ia melanjutkan, pengembangan sektor pariwisata ke depannya akan jadi salah satu andalan Kaltim dalam mendongkrak kesejahteraan masyarakat karena banyaknya potensi memunculkan ekonomi kreatif. 

"Mampu menyerap tenaga kerja. Sebab itu, masyarakat setempat perlu pendampingan guna bisa membaca potensi terbaik," tuturnya. 

Andi Harun menambahkan, keseriusan pemerintah pusat membangun IKN harus disikapi dengan matang di semua bidang, termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Saya berasumsi apabila semua kabupaten/kota di Kaltim bekerja secara sinergi dan berkesinambungan, maka sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan dapat menjadi pendorong perekonomian yang krusial dan signifikan," ujarnya. 

Akan hal tersebut, Andi Harun berharap melalui kebijakan ini dapat menjadi ajang tukar informasi dan pengalaman, serta ruang sinergis dan kolaborasi antara kabupaten/kota di Kaltim dalam meningkatkan kinerja dan komitmen demi peningkatan sektor Parekraf. 

"Membangun sektor kepariwisataan di wilayah kita masing-masing. Dan bersyukur mudah-mudahan melalui Rakornis ini, ketajaman road map yang disampaikan ibu kadis pariwisata Kaltim menjadi identitas kepariwisataan di masing-masing kabupaten/kota, sehingga keunikan 10 kabupaten/kota jelas dan tergambar," pungkasnya. (*) 

Penulis : Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #dispar-kaltim #parekraf #pemkot-samarinda #wali-kota-samarinda #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN