Jumat, 26 April 2024 08:41 WIB

Advetorial

Tingkatkan Keamanan Jelang Bulan Ramadan, Jajaran Pemadam Kebakaran Samarinda Gelar Apel Siaga Fire Drill

Redaktur: Rahmadani
| 807 views

Caption : Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat memberikan sambutan pada Apel Siaga Fire Drill di Eks Bandara Temindung, Kamis, 24 Maret 2022. (Vicky/Afiliasi.net).

Samarinda, Afiliasi.net - Menjelang bulan suci Ramadan 1443 Hijriah yang jatuh April 2022 mendatang, jajaran Pemadam Kebakaran serta relawan Kota Samarinda menggelar Apel Siaga Fire Drill di Eks Bandara Temindung pada Kamis, 24 Maret 2022. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri langsung oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun, beserta jajaran Pemerintahan Kota Samarinda. Kegiatan digelar sebagai bentuk uji coba situasi keadaan darurat, mengingat bulan Ramadan yang kian mendekat. 

Dalam sambutannya, Andi Harun mengtakan bahwa Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan serta para Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR), merupakan barisan terdepan yang memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam kondisi darurat. 

Sehingga, sebut Andi Harun, Damkar memiliki peranan penting guna menjaga keselamatan masyarakat jika terjadi keadaan darurat. 

"Saya mengapresiasi setiap peran petugas pemadam kebakaran yang selama ini telah bekerja sepenuh hati, ikut mewujudkan kota dengan lingkungan yang aman, nyaman, harmoni, dan lestari," ucapnya. 

Berdasarkan data laporan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda Tahun 2021, terdapat 240 kejadian kebakaran dengan penyebab paling banyak disebabkan oleh arus pendek listrik sebanyak 171 kejadian (71,25%). Sedangkan operasi penyelamatan non kebakaran sebanyak 1.538 Kejadian. 

"Melihat banyaknya kejadian kebakaran serta dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan, tentunya keterlibatan peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan," tutur Andi Harun. 

Akan hal tersebut, orang nomor satu di Samarinda itu berharap jika nantinya lebih banyak masyarakat yang dapat membantu petugas Damkar dengan berpatisipasi dalam REDKAR.

Sehingga seluruh elemen masyarakat dapat berpartisipasi menjaga dan melindungi lingkungannya dari ancaman bahaya kebakaran. 

"Di sisi lain Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan juga dapat melakukan pembinaan dan pelatihan, sehingga REDKAR mampu menjadi wadah penampung semangat solidaritas warga atau masyarakat untuk dapat membantu petugas pemadam kebakaran untuk mencapai respon time 15 menit," sebutnya. 

Bahkan, sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kota Samarinda kepada Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda memberikan iuran jaminan kesehatan berupa jaminan BPJS Kecelakaan dan BPJS Ketenagakerjaan yang diperuntukkan bagi 1.000 personil relawan. 

"Semoga hal ini memotivasi semua pihak untuk bersama-sama menjaga kewaspadaan, dan kesiagaan dalam upaya pencegahan kebakaran," pungkasnya. (*) 

Penulis : Vicky 


TOPIK BERITA TERKAIT: #dinas-pemadam-kebakaran-dan-penyelamatan-kota-samarinda #pemkot-samarinda #wali-kota-samarinda #andi-harun 

Berita Terkait

IKLAN