Kamis, 25 April 2024 02:48 WIB

Advetorial

Novan Syahronny Pasie Minta Pemprov Kaltim Tak Tutup Mata Soal Banjir di Samarinda

Redaktur: Rahmadani
| 1.117 views

Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda, Muhammad Novan Syahronny Pasie. (Achmad/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net – Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda, Muhammad Novan Syahronny Pasie, meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) tak menutup mata atas masalah banjir di Kota Tepian.

Pasalnya, dikatakan Novan sapaannya ini, Pemkot Samarinda bersama DPRD telah banyak menggelontorkan dana penanganan banjir. Bahkan jumlahnya mencapai triliunan melalui dana APBD. Kendati, proses penanggulangan banjir belum begitu signifikan.

“Hasilnya belum terlihat signifikan, karena penyebab banjir saat ini tidak hanya dari tingginya curah hujan tapi juga akibat banyaknya pembukaan lahan, seperti yang terjadi di kawasan Samarinda Utara,” ucap Novan saat ditemui di kantornya, Kamis, 24 Maret 2022.

Akan hal tersebut, Novan mengharapkan Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda dapat bersinergi dan bertemu guna menuntaskan perkara banjir di ibu kota provinsi Kaltim ini. Termasuk, sebut Novan, turut membahas mengenai masalah banjir kiriman dari wilayah Kutai Kartanegara.

Hasil kajian oleh keduanya dikatakan Novan dapat diteruskan kepada Pemerintah Pusat sebagai bahan permohonan bantuan keuangan banjir di daerah.

“Bantuan pusat nantinya dapat menyasar kepada program dengan skala besar, seperti pengerukan sedimentasi waduk Benanga. Sudah disampaikan oleh BWS selaku badan vertikal PUPR itu menyampaikan kalau tahun 2027 tidak ada normalisasi lagi, itu sudah habis. Tidak ada lagi fungsinya waduk Benanga," paparnya.

Politisi Golkar itu menambahkan, secara khusus dirinya meminta Pemprov Kaltim dalam hal ini Gubernur Kaltim, Isran Noor, agar jangan menutup menata atas persoalan yang dihadapi kabupaten/kota, khususnya Kota Samarinda.

"Ini yang kita minta, perhatiannya dari pemerintah provinsi. Kita bukan tidak bisa melaksanakan, tapi kita ini tidak punya dana untuk melaksanakan normalisasi," pungkasnya.

 

Penulis : Achmad


TOPIK BERITA TERKAIT: #banjir #pemprov-kaltim #pemkot-samarinda #komisi-iii #muhammad-novan-syahronny-pasie #dprd-kota-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN