Sabtu, 27 April 2024 10:29 WIB

Advetorial

Pasca Perampingan OPD, Andi Harun Tinjau Kelayakan Gedung dan Kantor Milik Pemkot Samarinda

Redaktur: Rahmadani
| 801 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, bersama jajarannya saat meninjau sejumlah gedung pada Jumat, 25 Maret 2022. (Vicky/Afiliasi.net).

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda, Andi Harun, melakukan peninjauan gedung dan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda pada Jum'at, 25 Maret 2022. 

Dalam peninjauan tersebut, sedikitnya ada lima gedung dan kantor yang dikunjungi oleh Andi Harun beserta pejabat Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas PUPR, serta Bappeda. 

Dikonfirmasi awak media, Andi Harun mengatakan bahwa kegiatan kali ini bertujuan menyesuaikan atas perampingan terhadap 7 OPD di lingkungan Pemkot Samarinda sebelumnya. 

"Hanya penyesuaian tujuh OPD yang bergabung, maka kita datang untuk melihat kapasitas (kantor) yang akan kita pindahkan dari mana ke mana itu berdasarkan beberapa pertimbangan," ucap Andi Harun saat diwawancarai awak media usai peninjauan. 

Diketahui, pada tinjauan kali ini jajaran pemkot lebih dulu mendatangi gedung Dinas Ketahanan Pangan yang saat ini telah ditempati Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) di Jalan Biola, Samarinda Ulu. 

Kemudian, kunjungan berlanjut ke Kompleks Perkantoran Balai Kota, tepatnya Kantor Dinas Sosial dan eks Kantor Dinas Pariwisata yang telah bergabung dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, serta eks Kantor Dinas Pertanahan yang telah melebur ke Dinas PUPR  di Jalan Delima. 

Dari keterangan yang dihimpun, Kantor Dinas Sosial ternyata kerap mengalami kebanjiran di beberapa titik bagian kantor. 

Kemudian terakhir, Andi Harun beserta jajarannya menyambangi gedung Sekretariat DPD Golkar. 

Setelah melihat kondisi gedung yang didatangi, Andi Harun menguraikan bahwa dirinya akan segera melakukan penataan dinas-dinas di gedung atau kantor milik Pemkot Samarinda itu. 

"Ukurannya yang kita pertimbangkan seperti jumlah pegawai di dinas tersebut, tugas dan fungsi serta faktor lainnya," jelasnya. 

Bahkan beberapa OPD telah diputuskan untuk berpindah guna menempati kantor yang saat ini tidak digunakan. 

Seperti Dinas Perikanan menempati eks kantor Dinas Pariwisata, kemudian Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) yang rencananya akan berpindah di aset gedung pemkot yang dahulunya ditempati DPD Golkar Samarinda. 

Sebelum dinas-dinas itu berpindah kantor, beber Andi Harun, ada beberapa tahapan administratif yang akan dilakukan oleh pemkot untuk memastikan pemindahan tersebut. 

"Advice nya sudah ada dari bagian pemerintahan, maka hari ini kita lakukan peninjauan untuk mengetahui kesesuaian kondisinya di lapangan, dan setelah kita lihat sudah tepat dan sudah saya setujui, selanjutnya akan diproses SK penetapan kantor-kantor tersebut," pungkasnya. (*) 

Penulis : Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #wali-kota-samarinda #andi-harun #perampingan-opd #samarinda 

Berita Terkait

IKLAN