Jumat, 26 April 2024 10:44 WIB

Peristiwa

Sembilan Bangunan di Antasari Terbakar, 84 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Redaktur: Rahmadani
| 798 views

Petugas Disdamkar Samarinda saat berad di lokasi kebakaran, Rabu, 30 Maret 2022. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Sembilan bangunan yang berada di Jalan Pangeran Antasari, RT 30, Gang Padat Karya, Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, hangus dilahap api pada Selasa, 30 Maret 2022 sekitar pukul 10.45 Wita. 

Api melahap sembilan bangunan terdiri dari enam rumah tunggal dan tiga rumah bangsal. Dalam upaya pendinginan, petugas pemadam kebakaran dibantu oleh anggota relawan Kota Samarinda. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kota Samarinda, Hendra AH mengatakan, api cepat menyebar lantaran rata-rata material bangunan terbuat dari kayu. Sebabnya, api baru berhasil dipadamkan selama kurang lebih 1 jam setengah. 

"Kendala kami juga minim air dan akses jalan sempit, membuat armada tangki kesulitan untuk masuk," ucap Hendra saat dikonfirmasi awak media melalui sambungan seluler. 

Hendra menjelaskan, bahwa api diduga berasal dari korsleting arus listrik salah satu rumah warga yang ditinggal pergi pemiliknya. 

Sedikitnya, 10 unit tangki fire truk serta 15 mesin portable milik relawan diturunkan dalam upaya pemdaman tersebut. 

"Tetapi, ya alhamdulillah kita dibantu relawan dan api bisa dipadamkan. Untuk penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian di lapangan," ungkapnya. 

Dari peristiwa kebakaran tersebut tidak ditemukan adanya korban jiwa, namun sekitar 16 kartu keluarga (KK) 84 jiwa kehilangan tempat tinggal. (*) 

Penulis : Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebakaran #jalan-antasari #disdamkar #hendra-ah #kota-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN