Kamis, 28 Maret 2024 10:17 WIB

Advetorial

Program Jeng Rinda Bawa Pemkot Samarinda Raih Rekor MURI

Redaktur: Rahmadani
| 679 views

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, saat menerima penyerahan penghargaan rekor MURI program Jeng Rinda, Kamis, 7 April 2022 di Hotel Aston Samarinda. (Vicky/Afiliasi.net)

Samarinda, Afiliasi.net - Melalui program Jelantah Membangun Samarinda (Jeng Rinda), Pemerintah Kota Samarinda berhasil meraih penghargaan dari lembaga Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kategori minyak jelantah terbanyak se-Indonesia. 

Kerja sama Pemkot Samarinda dengan PT Garuda Sinar Perkasa (GSP) itu berhasil mengumpulkan sebanyak 14 ribu kilogram minyak jelantah seharga Rp 100 juta lebih. 

Penghargaan piagam MURI itu pun diserahkan langsung kepada Wali Kota Samarinda, Andi Harun, dalam acara puncak program Jeng Rinda di Hotel Aston Samarinda pada Kamis, 7 April 2022. 

Andi Harun berharap, perolehan Rekor MURI program Jeng Rinda ini bisa menjadi motivasi untuk kemudian berkembang menjadi program pemberdayaan masyarakat. Kendati, sebut dia, dengan tidak mengesampingkan aspek sosial (donasi) untuk pengembangan Kota Samarinda sebagai pusat kota peradaban. 

"Sehingga tidak hanya berhenti disini saja," ucap Andi Harun dalam sambutannya, Kamis (7/4/2022) di Hotel Aston Samarinda. 

Andi Harun mengaku penghargaan tersebut merupakan pencapaian kedua dalam hidupnya. Sebab, sebelumnya dirinya juga sempat mendapat penghargaan MURI secara pribadi. 

"Kali ini Jeng Rinda MURI kedua bagi saya, tapi sebagai pemimpin daerah Kota Samarinda," ungkap Andi Harun. 

Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim itu juga menguraikan bahwa minyak jelantah dapat memiliki manfaat sebagai pengganti bahan baku crude papm oil (CPO) atau sawit dalam program biodiesel. 

Hal itu juga dapat mengurangi adanya limbah di lingkungan, memperbaiki ekonomi, baik untuk kesehatan, mengurangi emisi gas rumah kaca, serta dalam proses pembangunan daerah. 

"Di tahun 2021 program Jeng Rinda mulai dikembangkan dengan sasaran masyarakat yang tersebar di 10 kecamatan, 59 kelurahan, dan 1992 RT," jelasnya. 

Ia mengaku, program tersebut juga dapat memberikan edukasi peduli terhadap lingkungan dengan cara melahirkan gerakan donasi minyak jelantah dari masing-masing RT. 

Nantinya, hasil donasi senilai ratusan juta ini akan digunakan untuk pembangunan kampung wisata Samarinda di kawasan Bukit Steling, Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir. 

"Program ini menyelaraskan pemberdayaan masyarakat dengan adanya edukasi, monitoring dan output program untuk pembangunan Kota Samarinda menuju Kota Pusat Peradaban," sebut Andi Harun. 

Orang nomor satu di Kota Tepian itu pun juga merasa sangat berbahagia atas capaian rekor Muri yang didapatkan dari hasil partisipasi banyak pihak. 

"Yang jelas saya sangat senang atas penghargaan yang kita peroleh hari ini. Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh warga Kota Samarinda," pungkasnya. (*)

Penulis : Vicky


TOPIK BERITA TERKAIT: #program-jeng-rinda #andi-harun #pemkot-samarinda #muri 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler