Jumat, 19 April 2024 06:01 WIB

Advetorial

Kondisi Lingkungan di Kaltim Sudah Berubah, Musim Hujan Rawan Bencana

Redaktur: Bella
| 761 views

Salah seorang personel Kepolisian Air dan Udara Polda Kaltim, Bripka Taufik Ismail, menyelamatkan seorang korban banjir bandang di Balikpapan, Rabu 16 Maret 2022 (foto: Bella)

Samarinda, Afiliasi.net – Musim hujan sudah tiba di kaltim. Besar kemungkinan, terjadi bencana. Masyarakat harus waspada.

13 April 2022, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim, Yudha Pranoto, menghibau masyarakat untuk berhati-hati di musim hujan. Pasalnya, hujan bisa berpotensi menjadi pemicu sejumlah bencana.

“Misalnya tanah longsor, banjir ataupun banjir bandang maupun dampak sosial lainnya," bebernya.

Menurutnya, hal ini disebabkan perubahan biogeofisik alam Kaltim yang berubah secara signifikan. Degradasi sumber daya alam serta lingkungan menjadi salah satu penyebabnya.

“Kita semua perlu menyadari bahwa kondisi alam dan lingkungan dewasa ini sudah banyak berubah, sehingga perlu adanya langkah dan upaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana," ungkapnya.

Sebagai antisipasi, Yudha pun menjelaskan BPBD sudah mulai bersiaga dengan badan kebencanaan tingkat kabupaten/kota. Permasalahan bencana harus ditangani dengan cepat dan tepat.

"Khusus BPBD kabupaten dan kota bisa menyiapsiagakan desa tangguh bencana dan membangun sistem penanggulangan bencana secara sinergi, terencana, terpadu, dan berkesinambungan. Jadi semua harus besinergi," tutupnya. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kaltim #bpbd-kaltim #banjir #bencana #lingkungan 

Berita Terkait

IKLAN