Sabtu, 27 April 2024 05:20 WIB

Advetorial

Komisi IV DPRD Samarinda Dorong Peningkatan Kualitas SDM Perempuan

Redaktur: Rahmadani
| 920 views

Sri Puji Astuti, Ketua Komisi IV DPRD Samarinda. (Ist)

Samarinda, Afiliasi.net - Ketimpangan gender antara laki-laki dan perempuan di Kota Samarinda dinilai masih cukup.

Hal ini diutarakan oleh Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda, Sri Puji Astuti. Ia mengatakan pemberdayaan perempuan merupakan sektor yang harus diseriusi Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. 

Pemberdayaan membuat perempuan jadi lebih berdaya. Baik melalui pelatihan, pinjaman lunak dan langkah-langkah lain sebagainya. 

"Tujuannya agar keluarga tetap bisa berdiri," ucap Puji saat dihubungi melalui telepon, Rabu (20/4/2022).

Puji mengungkapkan, ketahanan keluarga akan sukar dicapai jika perempuan tidak memiliki daya, kurang percaya diri, kurang pendidikan, serta tidak memiliki bekal keterampilan dan ilmu pengetahuan. Sebabnya, upaya pemberdayaan dinilainya sudah merupakan langkah tepat sasaran. 

Akan hal tersebut, Puji menyarankan agar Pemkot Samarinda perlu mempunyai data terpisah antara jumlah laki-laki dan perempuan. Data tersebut dapat digunakan untuk mengambil kebijakan yang menyangkut segala aspek kehidupan perempuan. 

"Masih ada buruh perempuan dibayar lebih sedikit dibanding laki-laki, karena ada anggapan perempuan kurang terampil. Saya kira ini masih ada, hanya tidak mencuat saja," ungkapnya. 

Selain itu, lanjut Puji, keterlibatan perempuan di parlemen dan lembaga pemerintahan sendiri masih terbilang minim. Belum banyak perempuan yang menduduki posisi strategis seperti misalnya kepala dinas. 

"Di DPRD Samarinda sendiri saja hanya ada tujuh orang sebagai dewan. Baru sekitar 11 tuntutan 30 persen sesuai mekanisme Pemilu," bebernya.

"Artinya peran pemerintah perlu terus ditingkatkan untuk memberdayakan perempuan. Kita juga sudah ada Perda nomor 2/2022 tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) yang mengatur soal ketimpangan ini," pungkasnya. (Adv)


TOPIK BERITA TERKAIT: #adv-dprd-samarinda #komisi-iv-dprd-samarinda #keseteraan-gender 

Berita Terkait

IKLAN