Jumat, 26 April 2024 12:40 WIB

Advetorial

Ketika Desa Pela Menjadi Satu-Satunya Kampung di Kaltim yang Masuk Nominasi Desa Wisata Terbaik 2022

Redaktur: Bella
| 1.103 views

Foto udara Desa Pela (sumber: instagram @kukar_trip_photograpy)

Samarinda, Afiliasi.net – Nama Benua Etam kembali bergaung di kancah nasional. Desa Pela, yang terletak di Kecamatan Kota Bangun, Kukar, berhasil masuk nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Kamis, 28 April 2022, Kampung seluas 4 ribu hektare itu menjadi satu-satunya desa di Kaltim yang ternominasi dalam ajang penghargaan yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim, Irvan Rivai, menjelaskan, Desa Pela menjadi salah satu dari 3 ribu desa yang terjaring Kemenparekraf. Desa tersebut lolos tiga tahapan kurasi kementrian. Dari 500 desa, menjadi 500, kemudian mengerucut menjadi 50 besar desa wisata.

Padahal, Irvan, sapaannya, menjelaskan terdapat setidaknya dua desa lain dari Kaltim yang sempat masuk nomasi 100 besar. Yakni Desa Wisata Melahing, di Bontang dan Desa Wisata Teluk Harapan, yang terletak di Berau.

"Namun setelah penilaian lebih lanjut tim Kemenparekraf, hanya Desa Wisata Pela yang berhasil masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata," ungkapnya. Ia mengaku sangat berbangga atas pencapaian Desa Pela. "Tahun ini berhasil lolos hingga tahap 50 besar. Jika dibandingkan tahun lalu, hanya sampai di tahap 100 besar. Saya berharap Desa Pela bisa meraih hasil yang maksimal di ADWI 2022 tahun ini," imbuhnya.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kaltim, Restiawan Baihaqi, menambahkan pihaknya akan menggencarkan promosi di Desa Pela. Dispar ingin desa tersebut menjadi salah satu peraih tujuh penghargaan yang diperlombakan. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #diskominfo-kaltim #pariwisata #kutai-kartanegara 

Berita Terkait

IKLAN