Sabtu, 27 April 2024 12:27 WIB

Daerah

Wali Kota Samarinda Segera Tertibkan Pertamini, Penjual Siap-Siap Dapat Surat Edaran

Redaktur:
| 1.149 views

Mesin Pertamini yang akan ditertibkan oleh Pemkot Samarinda. Dok. Jerri/Afiliasi.net

Samarinda, Afiliasi.net - Pemerintah Kota Samarinda dalam waktu dekat akan segera menertibkan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) eceran maupun Pertamini. Hal itu sejalan dengan disetujuinya Peraturan Wali Kota (Perwali) dalam waktu dekat ini. 

Terkait dengan penertiban itu, Asisten III Pemkot Samarinda, Ali Fitri Noor mengatakan, bahwa sebelum ditertibkan pihaknya akan lebih dulu mensosialisasikan kepada masyarakat yang menjalankan usaha ‘Pertamini’ atau ‘Pom Mini’ melalui pembagian surat edaran.

“Pertama kami beri surat edaran, kemudian kami beri waktu satu bulan untuk mereka menghabiskan stok sembari menyadarakan mereka untuk mengalihkan usaha,” ucapnya pada Minggu, 15 Mei 2022.

Dirinya mengungkapkan, melalui data yang dihimpun oleh pihak Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Pemkot Samarinda, tercatat ada sekitar 282 usaha BBM ecer menggunakan mesin ‘Pertamini’ di Kota Tepian ini.

Ali juga menjelaskan bahwa nantinya upaya penertiban itu akan dilakukan oleh tim gabungan dari Satpol PP Samarinda serta unsur TNI-Polri. 

“Tetapi sekali lagi, ini peran hulunya ada di Pertamina. Dalam waktu dekat rencana sosialisasi ini akan kita undang dari PT Pertamina Patra Niaga dan perwakilan SPBU untuk berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),” ungkapnya.

Upaya penertiban penjualan BBM ecer tersebut sebenarnya telah ditegaskan oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun beberapa waktu lalu usai insiden kebakaran yang menewaskan satu anggota keluarga. 

Tak hanya karena itu, penjulan BBM ecer juga termasuk tindakan ilegal sesuai yang tertuang di dalam surat edaran Kementerian Perdagangan RI.

“Kita harap Pertamina juga bisa mengawasi penyaluran BBM di SPBU, jangan sampai diberikan ke oknum masyarakat yang bertujuan menjual ulang BBM tersebut,” ucap Andi Harun. (tim redaksi Afiliasi)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-samarinda #pertamini #pertamina 

Berita Terkait

IKLAN