Jumat, 29 Maret 2024 12:44 WIB

Daerah

PDIP Bidik Rekor Muri Sulang Kopi Massal di HUT ke-49, Ely Hartati Rasyid Ikut Memeriahkan

Redaktur: Rahmadani
| 1.162 views

Gelaran Festival Uji Cita Rasa Kopi Tanah Air dan Sulang Kopi Massal yang diselenggarakan Ely Hartati Rasyid di Kutai Kartanegara. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ke-49, kader partai di seluruh daerah secara serentak menggelar kegiatan Festival Uji Cita Rasa Kopi Tanah Air dan Sulang Kopi Massal pada, Jumat 27 Mei 2022.

Di Kutai Kartanegara, kegiatan Festival Uji Cita Rasa Kopi Tanah Air dan Sulang Kopi Massal dilaksanakan oleh Anggota DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid dengan melibatkan Taruna Merah Putih (TMP) dan beberapa komunitas di Kukar seperti Tanjung Bersatu, KOK Kecamatan Tenggarong, kemudian Mahasiswa Unikarta dan Yayasan Sekata. Bertempat di Rumah Makan Be'bakaran Tenggarong.

"Kegiatan ini sebenarnya juga dalam rangka menghidupkan kembali sektor UMKM, apalagi yang sekarang viral dimana-mana ada kopi shop itu ruhnya, bahkan Ketua Umum DPP PDIP Ibu Megawati selalu perhatiannya malah diluar elektoral," ungkap Ely Hartati Rasyid kepada media ini.

Tak hanya itu, selaku Anggota Komisi II DPRD Kaltim yang membidangi persoalan ekonomi tentunya momen ini dapat menjadi stimulan atau dorongan nyata dari partai berjuluk partai wong cilik itu.

"Ini merupakan bentuk nyata PDI Perjuangan dalam upaya untuk terus mendorong potensi ekonomi kerakyatan dari sektor komoditas pertanian, khususnya kopi yang merupakan komoditas unggulan yang menggerakan ekonomi kreatif," tuturnya.

Ia mengaku, dalam kegiatan ini pihaknya juga mengundang beberapa komunitas yang ikut berpartisipasi. Hal ini kita harapkan agar mereka sebagai penggerak roda perekonomian khususnya di Kukar, baik itu di Kota maupun di Desa.

"Apalagi di Desa juga sekarang ramai tempai kedai kopi atau kopi shop, dan kita juga wajib membeli prodak buatan lokal dan kita ingin menduniakan kopi Indonesia dengan kegiatan ini," tambahnya.

Ia menambahkan, untuk sektor UMKM pasca pandemi Covid-19 saat ini menurutnya menjadi cobaan yang luar biasa karena seluruh komponen industri harganya naik, dan ini yang dikhawatirkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Malah Ibu Megawati sebelum pandemi selalu mewanti-wanti tentang ketahanan pangan, karena kedaulatan pangan itu sangat penting, sekarang apapun itu naik," ujarnya.

"Mulai dari komponen tisu dan bahan lainnya juga naik karena pasca pandemi masyarakat merasakan ekonominya selama pandemi, bahkan sekarang negara tetangga Malaysia berkaca pada Indonesia mengenai sumber daya alam kita yang luar biasa dikelola pemerintah dengan baik, bahkan tidak ada ijin ekspor barang dalam bentuk mentah," sambungnya.

Menutup penyampaiannya, Ely Hartai Rasyid mengatakan, kegiatan ini ditargetkan akan memecahkan Rekor MURI Indonesia dengan keterlibatan paling sedikit 2500 partisipan.

"Sebelumnya kita juga memecahkan rekor MURI tentang Senam Sicita (Senam Indonesia Cinta Tanah Air), dan untuk hari ini tentang kopi dan dilakukan serentak se Indonesia," tutupnya. (tim redaksi Afiliasi)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pdi-perjuangan #hut-pdip #dprd-kaltim #ely-hartati-rasyid 

Berita Terkait

IKLAN



Berita Lainnya

Terpopuler