Selasa, 16 April 2024 03:33 WIB

Advetorial

Asal Sama-sama Untung, Gubernur Kaltim Buka Peluang Investasi Bagi Australia

Redaktur: Rahmadani
| 674 views

Pertemuan Gubernur Kaltim Isran Noor bersama rombongan Konjen Australia, Bronwyn Robbins. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Konsul Jenderal Australia, Bronwyn Robbins, melakukan lawatan pertamanya ke Kalimantan Timur menemui Gubernur Kaltim Isran Noor di Hotel Novotel Balikpapan, Selasa, 7 Juli 2022.

Melalui pertemuan tersebut, Bronwyn Robbins menawarkan kepada Gubernur Isran Noor atas kesiapan Pemerintah Australia untuk ikut serta dalam proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Berupa pembangunan infrastruktur dengan konsep ramah lingkungan.

Menurut Bronwyn Robbins, Australia dan Kaltim telah memiliki hubungan bisnis dan masyarakat yang kuat selama bertahun-tahun.

“Kami berharap dapat memperdalam hubungan kita lebih erat lagi,” kata Bronwyn Robbins.

Selain itu, Robbins mengungkapkan Pemerintah Australia juga siap menawarkan program antisipasi perubahan iklim (climate change). Di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, sebut Robbins, pihaknya berkeinginan lebih mengeratkan lagi kerja sama Kaltim dan Australia.

Ia juga menegaskan potensi untuk melanjutkan peluang kerja sama di bawah Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) dan program kerja sama ekonominya.

”Kita akan merevitalisasi hubungan perdagangan dan investasi demi meningkatkan perekonomian Australia dan Indonesia,” jelas Robbins.

Merespon hal tersebut, Gubernur Kaltim Isran Noor menyambut baik keinginan Pemerintah Australia untuk berkontribusi dalam pembangunan IKN hijau berkelanjutan dan peningkatan perdagangan Kaltim dan Australia.

”Kami sangat senang, setuju, dan terpenting sama-sama untung. Walaupun saya tahu, Australia pasti untung banyak. Tapi lebih penting lagi, ada tindak lanjut setelah pertemuan ini,” ucap Gubernur Isran.

Isran menambahkan, Kedutaan Besar Australia nantinya juga akan berpindah ke IKN Nusantara. Ia menyatakan Pemprov Kaltim akan turut menyiapkan tempat.

“Kita siapkan areal lebih luas dan hijau di sana. Saya doakan Konsul Robbins nanti yang jadi Dubes Australia,” cetus Isran.

Untuk diketahui, ekspor Kaltim ke Australia antara lain kayu, alat berat, urea, dan amonia. Periode Januari hingga Mei 2022 total ekspor Kaltim ke Australia bernilai 23,9 juta dolar Amerika Serikat. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #investasi-di-ikn-nusantara #pemprov-kaltim #isran-noor 

Berita Terkait

IKLAN