Senin, 29 April 2024 03:34 WIB

Advetorial

Jalan Tol Samarinda-Bontang Baru Akan Dikerjakan 2025-2029

Redaktur: Rahmadani
| 612 views

Kadis PUPR-Pera Kaltim, Aji M Fitra. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Kaltim, Aji M Fitra menggungkapkan, hingga saat ini belum tanda-tanda jalan tol Samarinda-Bontang akan dibangun.

Padahal, rencana pembangunan jalan tol Samarinda-Bontang itu telah disusun Pemprov Kaltim sejak 2013 lalu. Namun demikian, jalan bebas hambatan sepanjang 94 kilometer itu tampaknya digarap lebih lambat dibandingkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dilelang tahun ini, pembangunan istana negara ditargetkan rampung 2024. Sementara jalan tol Samarinda-Bontang belum muncul dalam daftar proyek yang akan dikerjakan.

“Yang saya tahu dari rencana umum BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) masuknya 2025–2029," kata Fitra saat dikonfirmasi, Rabu, 13 Juli 2022.

Ia melanjutkan, skema pembiayaan tol Samarinda-Bontang itu hingga saat ini juga belum pasti. Apakah melalui investasi murni, atau kolaborasi investasi swasta dan dana pemerintah. Fitra menegaskan Pemprov Kaltim hanya menunggu informasi selanjutnya dari BPJT.

"Itu sendiri belum ada kejelasan. Kemudian menunggu ada penyempurnaan dokumen lingkungan," sambungnya.

Untuk diketahui, dengan nilai investasi yang membengkak menjadi Rp 11 triliun. Jalan tol Samarinda-Bontang direncanakan terdiri dari empat seksi. Seksi I (Ruas Palaran- Bandara APT Pranoto) dengan panjang 23,5 kilomete, Jalan Tol Samarinda-Bontang Baru Akan Dikerjakan 2025-2029r, Seksi II (Bandara APT Pranoto-Sambera) sepanjang 24 kilometer, Seksi III (Sambera-Marangkayu) sepanjang 22,5 kilometer, dan Seksi IV (Marangkayu-Bontang) sepanjang 24 kilometer. (Jr/adv/diskominfokaltim)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tol-samarinda-bontang #pemprov-kaltim 

Berita Terkait

IKLAN