Sabtu, 27 April 2024 05:15 WIB

Daerah

Wali Kota Andi Harun Ajak Warganya Peduli Kebersihan Sungai Karang Mumus

Redaktur: M. Yusuf
| 761 views

Wali Kota Samarinda Andi Harun saat turun langsung membersihkan sampah yang mengotori Sungai Karang Mumus, (Istimewa)

Samarinda, Presisi.co - Wali Kota Samarinda Andi Harun mengajak seluruh warganya untuk tak lagi membuang sampah ke sungai. 

Imbauan tersebut, ia sampaikan usai memimpin kerja bakti yang berlangsung disepanjang aliran sungai Karang Mumus (SKM) pada Sabtu, 16 Juli 2022, pagi. 

"Ke depannya harus kita dorong lagi adalah keikutsertaan masyarakat dalam menjaga bersama-sama kebersihan area sungai," ungkap orang nomor satu di Samarinda itu. 

Selama kegiatan, Andi Harun juga mengajak PLH Sekda, Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat dan Lurah se-Samarinda, serta Kepala Disdamkar Kota Samarinda.

Kegiatan kerja bakti ini dimulai dari kawasan Jalan Ruhui Rahayu hingga menuju kawasan Jembatan 2, Sungai Dama.

Saat mengitari sungai SKM, Andi Harun mengaku menemukan banyak tumpukan sampah masyarakat yang mengapung di air. Ia pun mengajak, agar masyarakat Samarinda lebih memperhatikan kebersihan area sungai.

"Masih banyak sampah di sungai, jadi mungkin yang akan dirumuskan guna mewujudkan lingkungan sungai yang bersih kita akan menggencarkan sosialisasi agar tidak membuang sampah di area sungai," jelasnya.

Ke depan, Andi Harun pastikan jika kegiatan yang sama, rutin dilaksanakan sebulan sekali oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda. 

Agar efektif, DLH Samarinda juga diminta untuk memanfaatkan jaring sampah menggunakan kapal dari arah ulu sungai menuju ilir SKM.

"Terutama DLH kita mungkin perlu kapal yang lebih efektif untuk menjaring sampah. Dan akan saya minta ke DLH agar nantinya pembersihan sungai dilakukan sebulan sekali," imbuhnya.

Selain itu, Andi Harun mengungkapkan bahwa pihaknya akan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat Kota Samarinda terkait pentingnya kebersihan area sungai. (*)

Penulis: Redaksi Afiliasi.net


TOPIK BERITA TERKAIT: #kerja-bakti-di-skm #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN