Sabtu, 01 Oktober 2022 09:51 WIB

Daerah

Andi Harun Optimistis PAD 2023 Meningkat, Probebaya Bakal Berjalan Menyeluruh

Redaktur: Rahmadani

Wali Kota Samarinda Andi Harun usai menghadiri rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Samarinda bersama TAPD Kota Samarinda pada Jumat, 5 Agustus 2022. (Istimewa)

Samarinda, Afiliasi.net - Wali Kota Samarinda Andi Harun optimis Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2023 mendatang akan meningkat. 

Hal itu diungkapkan Mantan Wakil Ketua DPRD Kaltim tersebut usai menghadiri Rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Samarinda bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Samarinda pada Jumat, 5 Agustus 2022. 

Melalui rapat yang membahas belanja Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2023 itu Andi Harun menyampaikan sejumlah pointer pembahasan. 

"Kami membahas Kebijakan Umum APBD (KUA)- PPAS)," kata Andi Harun kepada awak media. 

Ia menjelaskan, KUA dan PPAS merupakan dokumen yang terkait dengan proses penyusunan APBD yang dibahas antara pemerintah kota atau kabupaten dengan DPRD selaku lembaga legislatif. 

Dalam KUA, memuat beberapa kebijakan umum yang menjadi landasan dalam penyusunan APBD. Adapun isi dari KUA-PPAS tersebut dijabarkan dalam tiga poin. 

Seluruhnya adalah kelanjutan dari program prioritas Pemkot Samarinda di masa kepemimpinan Andi Harun - Rusmadi. 

"Jadi terkait penanganan banjir, penataan kota, peningkatan perekonomian. Sub sektornya banyak, di antaranya program probebaya, kami akan membayar sisa Rp 25 juta di perubahan tahun ini," ucap Andi Harun. 

Ia melanjutkan, terlebih program pro bebaya untuk seluruh Rukun Tetangga (RT) di Samarinda, bakal terus berkelanjutan dan merata hingga menyentuh ke masyarakat pinggiran. Sebagaimana diketahui, jumlah seluruh RT di Kota Samarinda sebanyak kurang lebih 1.996. 

"Pro Bebaya tetap berlanjut, program ini sampai akhir periodesisasi," ungkapnya. 

Dengan begitu, lanjut Andi Harun, sumber PAD terus dioptimalkan dengan memaksimalkan penerimaan melalui retribusi, pengelolaan aset, kerja sama dengan pihak swasta dan sebagainya. 

"PAD Samarinda kami targetkan meningkat kurang lebih Rp 604 miliar," tutupnya mengakhiri. 

Untuk diketahui, berdasarkan data yang dihimpun Komisi II DPRD Samarinda, realisasi PAD per Juli 2022 secara keseluruhan mencapai 74,72 persen atau Rp399.664.722.381,80. Dengan selisih lebih kurang 25.28 persen atau Rp135.224.024.264,40. (*)


TOPIK BERITA TERKAIT: #andi-harun #pemkot-samarinda 

Berita Terkait

IKLAN